Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Hadiri Rapat Koordinasi Tim Nasional dan Peluncuran Portal Aksesi OECD

  • Jumat, 04 Oktober 2024
  • Humas BSN
  • 194 kali

Foto: menpan.go.id

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad turut hadir dalam acara Rapat Koordinasi Tim Nasional Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dan Peluncuran Portal Aksesi OECD serta Informasi Aksesi (INA) OECD di Jakarta, Kamis (3/10/2024). Acara ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Nasional OECD.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa menteri dan pejabat penting lainnya, antara lain Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, Abdullah Azwar Anas; Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron; Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury; Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti; serta para penanggung jawab bidang pada Tim Nasional OECD.

Dalam sambutannya, Airlangga Hartarto menekankan bahwa peluncuran Portal Aksesi OECD dan INA OECD ini merupakan langkah nyata untuk mempercepat reformasi di berbagai sektor, termasuk ekonomi, digitalisasi, dan tata kelola pemerintahan. "Platform ini merupakan upaya untuk mempercepat transparansi dan proses kerja, serta mempercepat waktu dan aksesi yang menggunakan platform digital. Dalam proses OECD, Indonesia baru yang awal melakukan proses ini," ujar Airlangga.

Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyatakan dukungannya terhadap peluncuran portal tersebut, khususnya dalam hal standardisasi yang menjadi salah satu fokus utama OECD. BSN akan terus berperan aktif melalui pemanfaatan standar dalam perlindungan konsumen.

Berdasarkan Keputusan Menko Bidang Perekonomian RI Nomor 232 Tahun 2024 tentang Penanggung Jawab Bidang dan Sekretariat Tim Nasional Persiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia dalam Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, BSN masuk ke dalam Tim Komite 25 Perlindungan Konsumen. (arf – humas)