Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Menerima Kunjungan JGU, Implementasi Program Kampus Merdeka

  • Senin, 15 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 137 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia menerima kunjungan dari Program Studi Teknik Industri Jakarta Global University (JGU) pada Kamis (12/7/2024) di Gedung SNSU BSN, Tangerang Selatan. Kunjungan dilaksanakan untuk mempelajari secara langsung metrologi, serta pengelolaan SNSU oleh Laboratorium SNSU BSN, sebagai implementasi Program Praktisi Mengajar/Kampus Merdeka.

Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid dalam kesempatan tersebut memberikan penjelasan mengenai profil, serta tugas dan fungsi SNSU BSN sebagai National Metrology Institute (NMI) untuk Indonesia. Sebagai NMI, SNSU BSN memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memastikan ketertelusuran pengukuran nasional.

Pengukuran nasional, harus tertelusur ke Sistem Satuan Internasional. Ketertelusuran ke Sistem Satuan Internasional tersebut, dilakukan melalui pengelolaan SNSU, pengembangan bahan acuan dan kalibrasi.

Ghufron pun menyampaikan apresiasi kepada JGU yang telah berkolaborasi dengan BSN untuk mengembangkan pendidikan standardisasi melalui Program Praktisi Mengajar (Kampus Merdeka). Melalui kolaborasi ini, Ghufron berharap JGU dapat mencetak generasi standardisasi, yang turut memasyarakatkan standardisasi dan metrologi lebih luas lagi.

Dosen Program Studi Teknik Industri JGU, Sinta Restuasih, mengungkapkan bahwa JGU saat ini telah memiliki mata kuliah Standardisasi dan Metrologi Industri. Melalui mata kuliah ini, selain mempelajari teori standardisasi, dosen dan mahasiswa juga melaksanakan pengabdian masyarakat yaitu mensosialisasikan penerapan standardisasi kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pada kesempatan ini, para mahasiswa dan dosen mengunjungi langsung laboratorium SNSU BSN, untuk melihat pengelolaan SNSU, layanan kalibrasi, pengukuran, serta penyediaan Bahan Acuan.

Mahasiswa diajak mengunjungi Laboratorium SNSU Kelistrikan, dan berdiskusi dengan Metrolog Ahli Madya BSN, Agah Faisal beserta tim. Selanjutnya, di Laboratorium SNSU Suhu, mahasiswa berdiskusi dengan Metrolog Ahli Muda BSN, Dwi Larassati beserta tim. Lalu di Laboratorium SNSU Massa, mahasiswa berdiskusi dengan Metrolog Ahli Pertama BSN, Fahmy Munawar Cholil beserta tim. Terakhir, mahasiswa mengunjungi Laboratorium SNSU Kimia, dan berdiskusi dengan Metrolog Ahli Muda BSN, Christine Elishian beserta tim. Kunjungan ini juga turut dihadiri Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Zulhamidi.(ria-humas)

Galeri foto: SNSU BSN Menerima Kunjungan JGU, Implementasi Program Kampus Merdeka