Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kunjungi BSN: ASPELINDO Konsultasi Penyusunan SNI Pelumas

  • Selasa, 03 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 985 kali

Penyusunan standar tidak terlepas dari peran sentral Komite Teknis Perumusan SNI. Komite Teknis dibentuk dan ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), dimana keanggotaannya terdiri dari perwakilan unsur pemangku kepentingan yang mewakili unsur pemerintah, pakar/akademisi, asosiasi pelaku usaha dan unsur konsumen.

Dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan perumusan Standar Nasional Indonesia (SNI) lingkup Komite Teknis 75-03 Produk Pelumas, BSN menerima kunjungan pengurus Asosiasi Pelumas Indonesia (ASPELINDO) di kantor BSN Jakarta, pada Selasa (26/9/2023).

Pada kegiatan audiensi ini, pihak ASPELINDO yang diwakili oleh Ketua Umum, Sigit Pranowo, dan Wakil Ketua Umum, Yomie Harlin, melakukan konsultasi dan diskusi mengenai Program Nasional Pengembangan Standar (PNPS) yang diusulkan Komite Teknis 75-03 seperti SNI pelumas otomotif; uji unjuk kerja pelumas; dan pelumas industri.

Deputi bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo menjelaskan bahwa secara prinsip mendasar, dalam perumusan SNI harus memperhatikan pada kaidah pengembangan standar. “Kami memiliki pedoman yang menjadi panduan utama, yaitu PBSN No.8 tahun 2022 tentang pengembangan SNI, dimana didalamnya terdapat kebijakan pengembangan SNI, tata kelola, mekanisme dan pengaturan, serta operasionalisasinya,” jelas Hendro.

Dalam diskusi yang berlangsung akrab, Hendro juga menekankan bahwa sebaiknya persyaratan standar memperhatikan dan fokus pada aspek pemenuhan titik kritis dari bisnis proses suatu produk. “Penyusunan SNI, sedari awal harus berorientasi pada mampu terap, memberi manfaat, dan murah biaya dalam penerapannya,” lanjut Hendro.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt. Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi, dan Teknologi Informasi, Iryana Margahayu; Ketua Tim Kerja Pengembangan Standar Energi, Febriyanto Nugroho; dan perwakilan staff Tim Kerja Pengembangan Standar Energi, Ardi Cahyadi. (hps/humas)

 

Galeri Foto: Kunjungi BSN: ASPELINDO Konsultasi Penyusunan SNI pelumas

 




­