Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Buktikan Kemampuan Kalibrasi Penuhi Persyaratan Internasional, Laboratorium SNSU BSN Terima Peer Review dari sesama NMI

  • Rabu, 20 September 2023
  • Humas BSN
  • 474 kali

Dalam rangka mempertahankan dan menambah keberterimaan hasil kalibrasi dan pengukuran di lingkup regional (Asia Pasifik) dan internasional, Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima peer review dengan ruang lingkup panjang serta akustik dan vibrasi di Laboratorium SNSU BSN, Serpong, Tangerang Selatan pada 19 - 21 September 2023.

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono dalam Pembukaan Peer Review pada Selasa (19/9/2023), di Laboratorium SNSU BSN, Serpong, menyampaikan bahwa Laboratorium SNSU BSN merupakan Lembaga Metrologi Nasional (National Metrology Institute/NMI) untuk Indonesia. SNSU BSN memiliki 9 laboratorium SNSU yaitu panjang; massa; akustik dan vibrasi; biologi; suhu; fotometri dan radiometri; kelistrikan; waktu dan frekuensi; serta kimia.

Hingga saat ini, Laboratorium SNSU BSN memiliki 146 kemampuan kalibrasi dan pengukuran (CMCs) yang diakui internasional dan tercantum dalam Appendix C The CIPM Mutual Recognition Arrangement (CIPM-MRA).

“Untuk ruang lingkup panjang, Laboratorium SNSU BSN memiliki 8 CMC, serta akustik dan vibrasi 27 CMC dalam CIPM-MRA Appendix C,” ungkap Kristianto.

Kristianto melanjutkan, peer review ini  penting untuk memastikan bahwa laboratorium SNSU BSN dalam memberikan pelayanan kalibrasi dan pengukurannya telah memenuhi persyaratan internasional.

Pengakuan internasional atas kemampuan kalibrasi dan pengukuran merupakan pondasi bagi pengakuan internasional atas Sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Nasional yang berkontribusi pada peningkatan keberterimaan produk nasional di pasar global.

Peer review ini dipimpin oleh Asesor Kepala dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Agustinus Praba Drijarkara. Ada pun anggota asesor dari NMI lain, yaitu Dr. Tsung-Hsien TU dari Centre for Measurement Standards (CMS)/ITRI - Taiwan dan Dr. Jariya Buajarem dari National Institute of Metrology (NIMT) - Thailand.

Praba dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa peer review ini akan mengevaluasi penerapan standar ISO/IEC 17025:2017, Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi khususnya terkait pembuktian kemampuan teknis yang dijalankan Laboratorium Panjang serta Akustik dan Vibrasi - SNSU BSN.

Turut hadir dalam pembukaan peer review ini Direktur SNSU Mekanika, Radiasi dan Biologi Wahyu Purbowasito; Ketua Tim Laboratorium Panjang - SNSU BSN Nurlathifah; Ketua Tim Laboratorium Akustik dan Vibrasi - SNSU BSN Maharani Ratna Palupi; serta para metrolog dan staf Laboratorium SNSU BSN.(ria-humas)

 

Galeri Foto: Buktikan Kemampuan Kalibrasi Penuhi Persyaratan Internasional, Laboratorium SNSU BSN Terima Peer Review dari sesama NMI