Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Kompetensi SDM Metrologi, BSN Selenggarakan Seminar Metrologi bagi Universitas dan Politeknik

  • Kamis, 22 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 253 kali

Kontribusi sektor industri manufaktur memiliki peranan signifikan baik pada pertumbuhan ekonomi Indonesia maupun di perdagangan internasional. Kualitas produk industri tidak lepas dari metrologi atau ilmu pengukuran yang diimplementasikan di hampir semua lini industri manufaktur.

Perkembangan teknologi yang tinggi di industri manufaktur memerlukan adanya langkah yang dapat menjadi jembatan bagi kebutuhan industri dan kualifikasi mahasiswa lulusan universitas dan politeknik. Oleh karena itu, peningkatan kualitas calon sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh dunia industri menjadi sangat penting menjadi perhatian bersama.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia menyelenggarakan Seminar Metrologi dan Kalibrasi Dimensi dalam Ruang Lingkup Industri Manufaktur bagi akademisi Universitas/Politeknik di Cikarang, pada Selasa (20/8/2024).

Pada sesi pertama, Metrolog Ahli Madya BSN, Nurul Alfiyati sebagai narasumber menyampaikan materi mengenai Pengukuran dan Kalibrasi Dimensi. Nurul menjelaskan, Pengukuran merupakan bagian penting dalam kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, pengukuran dalam kegiatan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian harus tertelusur ke sistem satuan internasional (SI). Ketertelusuran ke SI dilakukan melalui pengelolaan standar nasional satuan ukuran (SNSU), pengembangan bahan acuan, dan kalibrasi. Di Indonesia, pengelolaan SNSU dilakukan oleh BSN melalui Deputi Bidang SNSU selaku National Metrology Institute (NMI). Ketertelusuran ke SI ini diwujudkan untuk memenuhi kebutuhan nasional dan memperkuat daya saing bangsa.

Selanjutnya pada sesi kedua, Engineering Solution Group PT Mitutoyo Indonesia, M. Ridwan Ali Setiawan memaparkan tentang Geometric Dimensioning & Tolerance (GDT) dan Pengaplikasiannya.

Seminar diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas/politeknik di Indonesia. Seminar berlangsung sangat interaktif. Para peserta antusias untuk bertanya jawab dengan para narasumber. Acara juga dimeriahkan dengan kuis interaktif.(ria&dnh)

 

Galeri foto: Tingkatkan Kompetensi SDM Metrologi, BSN Selenggarakan Seminar Metrologi bagi Universitas dan Politeknik