Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan UNRI Gelar Knowledge Sharing dan Pameran UMKM Mahasiswa bertema Standardisasi Mendukung Mutu dan Daya saing Nasional

  • Jumat, 23 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 305 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Perpustakaan Universitas Riau (UNRI) melalui SNI Corner menggelar kegiatan "Knowledge Sharing, Diskusi, dan Pameran UMKM Mahasiswa" pada Kamis (22/8/2024), di Aula UPT Perpustakaan UNRI, Pekanbaru. Acara ini mengusung tema "Standardisasi Mendukung Mutu dan Daya Saing Nasional" dan dihadiri oleh 125 peserta yang terdiri dari pengusaha muda mahasiswa, pustakawan, serta civitas akademika UNRI.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BSN, Zul Amri, dalam paparannya mengenalkan konsep standardisasi, metrologi, dan penilaian kesesuaian. Ia menekankan pentingnya Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam menjamin keamanan produk dan meningkatkan daya saing, baik di pasar domestik maupun internasional.

"SNI bukan hanya memastikan kualitas produk, tetapi juga memberikan jaminan keamanan bagi konsumen dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di kancah global," jelas Zul Amri. Ia juga memaparkan proses notifikasi standar ke World Trade Organization (WTO) dan pentingnya konsensus internasional dalam perdagangan global.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahiswaan dan Alumni UNRI, Hermandra, yang menekankan pentingnya standar dalam meningkatkan mutu produk, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan pengusaha terhadap produk mereka. "Standar mampu meningkatkan mutu, dan mutu akan meningkatkan kepercayaan pengusaha terhadap produknya," ujar Hermandra.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UNRI, Yuana Nurulita, menambahkan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak pengusaha untuk menjadi negara maju. "Saat ini, Indonesia baru memiliki sekitar 3% pengusaha dari total penduduknya yang berjumlah lebih dari 175 juta jiwa. Melalui kegiatan ini, diharapkan kerjasama BSN dan UNRI dapat memperluas akses informasi standardisasi kepada masyarakat," jelas Yuana.

Acara juga menghadirkan Ketua Badan Pengelola Usaha (BPU) UNRI, M. Syafi’i, yang menjelaskan tentang upaya BPU UNRI dalam mendorong potensi kewirausahaan di lingkungan kampus, serta sumber daya dan modal yang tersedia untuk mendukung inisiatif ini. "Kami memiliki pasar potensial dari 40 ribu civitas akademika UNRI dan mengelola dana sekitar 1,1 miliar rupiah dari sumber internal dan eksternal," ungkap Syafi’i.

Dalam kesempatan tersebut, Pustakawan Ahli Madya BSN, Minanuddin, menjelaskan tentang peran standar sebagai referensi penting dalam pendidikan dan bisnis. Ia juga memaparkan tentang layanan SNI Corner yang memberikan akses ke berbagai dokumen standar dan informasi terkait lainnya. "SNI Corner di UPT Perpustakaan UNRI menjadi pusat informasi yang strategis bagi mahasiswa dan pelaku usaha untuk mengakses dokumen standar dan memahami penerapannya," ujar Minanuddin.

Peserta acara menunjukkan antusiasme tinggi dengan mengajukan berbagai pertanyaan seputar penerapan standar pada produk mereka, penanganan pemasok, dan strategi pemasaran. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama narasumber dan peserta.(NF)

 

Galeri Foto : BSN dan UNRI Gelar Knowledge Sharing dan Pameran UMKM Mahasiswa bertema Standardisasi Mendukung Mutu dan Daya saing Nasional

 

Artikel Terkait: 

https://unri.ac.id/tingkatkan-mutu-produk-umkm-mahasiswa-perpustakaan-unri-gelar-knowledge-sharing/