Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pentingnya APAR ber-SNI Sebagai Mitigasi Bencana Kebakaran

  • Kamis, 06 Juli 2023
  • 2313 kali

Kebakaran merupakan suatu bencana yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa kita ketahui sebelumnya, sehingga tidak hanya menyebabkan kerugian secara materi, namun nyawa juga menjadi ancaman ketika terjadi kebakaran.

Oleh karena itu perlu adanya pencegahan dan penanggulangan yang bertujuan untuk menurunkan risiko dan dampak dari bencana tersebut.

Salah satu mitigasi yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR). APAR merupakan salah satu mitigasi yang efektif dan efisien dalam mengendalikan kebakaran yang umumnya terjadi pada situasi darurat.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 180-1:2022 Alat Pemadam Api Portabel (APAP) – Bagian 1: Syarat mutu.  Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo menuturkan bahwa SNI menjamin dari kualitas sebuah APAR.

“Kalau produknya ber-SNI bisa diguarantee pada saat dipakai dapat memenuhi fungsinya untuk memadamkan api, kalau tidak ada SNI ya tidak ada guarantee,” ungkap Hendro saat mengisi talkshow “Safety Talk” di booth PT Servvo Fire Indonesia dalam pameran Indo Build Tech di BSD City, Tangerang, Rabu (5/7/2023).

Menurut Hendro, akan sia-sia jika pelaku usaha sudah menerapkan SNI tapi masyarakat belum mau memakai barang ber-SNI. Oleh karena itu diperlukan kesadaran dari dalam diri masyarakat mengenai pentingnya menggunakan barang ber-SNI agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam kesempatan ini, Hendro juga mengapresiasi komitmen PT Servvo Fire Indonesia yang telah menerapkan SNI untuk produk APAR. Tidak hanya itu, PT Servvo Fire Indonesia juga telah meraih penghargaan SNI Award peringkat perunggu pada tahun 2022 dari BSN, yang membuktikan bahwa secara manajemen telah terbukti berkomitmen untuk menerapkan standar. (Dit.IPPE/ed:Humas)




­