Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Berperan Aktif Dalam APMP Midyear Meeting 2023

  • Senin, 19 Juni 2023
  • 1364 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Lembaga Metrologi Nasional (National Metrology Institute/NMI) terus berkontribusi dalam pengembangan metrologi di tingkat regional. Pada Senin-Jumat (12-16 Juni 2023), SNSU BSN berpartisipasi aktif dalam pertemuan tengah tahun organisasi metrologi regional Asia Pasifik (APMP Midyear Meeting) di Ulaanbaatar Mongolia. Pertemuan ini diikuti oleh perwakilan NMI dari 22 negara.

Beberapa kegiatan telah diselenggarakan dalam serangkaian kegiatan APMP Midyear Meeting tersebut, diantaranya pertemuan para ketua Technical Committee (TC) dan ketua Focus Group (FG), pertemuan anggota Executive Committee (EC), pertemuan anggota Developing Economies Committees (DEC), DEC Champion workshop, DEC Leadership & Management workshop, DEC Strategic workshop, TCQS workshop, dan Simposium Internasional.

Hadir pada kegiatan tersebut wakil dari SNSU BSN yaitu Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia, Ghufron Zaid, hadir sebagai anggota DEC Coordination Committee, dan ketua Task Force untuk Monitoring dan Evaluasi DEC. Pada kesempatan ini, Ghufron didampingi Ketua Tim Kerja SNSU Kelistrikan dan Waktu, Agah Faisal, dan Metrolog Ahli Muda, Nurul Alfiyati, sebagai DEC Champion dari Komisi Teknis Elektromagnetik dan Komisi Teknis Panjang.

DEC Champion adalah salah satu organ di Komisi Teknis yang diinisiasi oleh DEC dan para Ketua Komisi Teknis dengan tujuan agar pengembangan kemampuan negara berkembang dapat menjadi agenda utama di setiap Komisi Teknis.

Pada kegiatan APMP Midyear Meeting ini disepakati bahwa DEC Champion di setiap Komisi Teknis diharapkan dapat berperan aktif dalam mengidentifikasi kebutuhan pengembangan metrologi di negara berkembang dan mengomunikasikannya dengan ketua Komisi Teknis dan Ketua DEC. Selain hal di atas, telah ditetapkan draft Rencana Stategis APMP DEC 2024-2026 yang akan dibahas lebih lanjut oleh para anggota DEC Coordination Committee APMP. (SNSU BSN/ed: ald-Humas)




­