Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Hadiri PASC AGM ke-45

  • Senin, 12 Juni 2023
  • 873 kali

Pacific Area Standard Congress (PASC) sukses menggelar Annual General Meeting (AGM) ke-45 di Noumea, Kaledonia Baru pada 31 Mei – 2 Juni 2023 dengan format hybrid. Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretariat PASC periode 2023 – 2025 turut menghadiri rangkaian PASC AGM. Delegasi Republik Indonesia dipimpin oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad, didampingi oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi yang juga menjabat Sekretaris PASC, Zul Amri; dan Analis Kerja Sama Luar Negeri, Christine Benedicta.

PASC AGM merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk membahas isu-isu terkait standardisasi baik dalam skala regional maupun internasional yang dilakukan organisasi pengembang standar negara-negara anggotanya. Pertemuan tahun ini berfokus pada isu perubahan iklim dan bagaimana respon serta komitmen dari anggota PASC dan organisasi-organisasi pengembang standar internasional seperti International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC).

Pertemuan dipimpin oleh Chantal Guay (Ms.) dari SCC (Badan Standar Kanada) dan dihadiri oleh perwakilan dari 21 negara anggota PASC di wilayah Asia Pasifik, baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual. Turut hadir pula para pemimpin dan perwakilan dari organisasi pengembang standar internasional, di antaranya Sergio Mujica (Mr.) dan Henry Cushieri (Mr.) sebagai representatif dari ISO; Philippe Metzger (Mr.) dan Dennis Chew (Mr.) sebagai representatif dari IEC; serta Atsuko Okuda (Ms.) sebagai representatif dari International Telecommunication Union (ITU).

Penyelenggaraan PASC AGM 2023 ini dilaksanakan bersamaan dengan Pacific Islands Standard Committee (PISC) General Meeting. PASC dan PISC sepakat untuk berkolaborasi dalam meyusun rencana aksi untuk mengatasi isu perubahan iklim. PASC juga menyepakati peninjauan ulang PASC Strategic Plan 2021 – 2025 dan bagaimana PASC dapat meningkatkan implementasi dari rencana strategis tersebut.

Pada perhelatan tahun ini, diselenggarakan pula diskusi dengan pemimpin serta representatif dari ISO, IEC, dan ITU terkait regional engagement. ISO, IEC, dan ITU menyampaikan komitmennya untuk berkolaborasi dengan organisasi-organisasi regional di Asia Pasifik baik dalam level teknis maupun struktural.(CB)




­