Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dorong Poltekkes Semarang “Kejar Tayang” Persiapan Akreditasi Lab Penguji

  • Sabtu, 13 Agustus 2022
  • Humas BSN
  • 236 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan kerja sama dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Semarang. Kerja sama dalam bentuk bimbingan teknis terhadap pemenuhan persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2017 ini bertujuan agar kualitas layanan laboratorium penguji jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Poltekkes Semarang meningkat. Sehingga, ke depan layanan lab penguji Poltekkes Semarang tidak hanya mendukung layanan pembelajaran, akan tetapi juga memberikan layanan pengujian terhadap klien atau pelanggan dari luar.

Hadir dalam acara Koordinator Kelompok Substansi Fasilitasi Lembaga Penilaian Kesesuaian BSN, Andry Prihikmat. Sementara itu, Wakil Direktur 1 Poltekkes Semarang, Dr. Edy Soesanto menyambut baik pelaksanaan bimbingan teknis Audit Internal SNI ISO/IEC 17025:2017 berbasis SNI ISO 19011:2018. “Ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan Teknik audit para SDM Laboratorium Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, terutama dalam upaya melakukan pemeliharaan sistem mutu laboratorium,” ujar Edy.

Kegiatan bimbingan teknis dilaksanakan selama tiga hari (10-12 Agustus 2022) dan diikuti oleh 16 peserta. Dalam bimbingan teknis, peserta diberi materi tentang teori teknik audit, simulasi praktek audit internal, serta presentasi dan mempelajari teknik menulis temuan/ketidaksesuaian serta melakukan analisa akan permasalahan dari temuan/ketidaksesuaian dimaksud. Kegiatan yang digawangi oleh fasilitator Untari Pujiastuti sangat interaktif dan membuka wawasan para peserta pelatihan tentang esensi dan makna dari pelaksanan audit yang dilaksanakan secara benar dan tepat sasaran (DRY/ ed: humas)