Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sebuah Catatan Sejarah: Pejabat Fungsional Ahli Utama Resmi Dilantik

  • Sabtu, 23 April 2022
  • Humas BSN
  • 427 kali

 

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad melantik sejumlah 181 Pejabat BSN di Auditorium Laboratorium SNSU BSN, Serpong pada Jumat (22/4/2022) secara hybrid.

Menurut Kukuh, pelantikan ini menjadi catatan sejarah karena sejak Jabatan Fungsional Analis Standardisasi dan Metrolog ditetapkan oleh KemenPANRB, hari ini jabatan fungsional  tersebut pertama kali resmi memiliki Analis Standardisasi Ahli Utama dan Metrolog Ahli Utama.

"Kedua Pejabat Fungsional Ahli Utama yang hari ini dilantik adalah Bapak Hastori sebagai Metrolog Ahli Utama dan Bapak Nasrudin Irawan sebagai Analis Standardisasi Ahli Utama yang pertama dilantik di Indonesia, jadi mungkin nanti akan dikenang dalam sejarah," ungkap Kepala BSN.

Sebelumnya Nasrudin Irawan menjabat sebagai Sekretaris Utama sedangkan Hastori sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran.

Selain itu, juga dilantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 7 orang yang terdiri dari Heru Suseno sebagai Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal; Wahyu Purbowasito Setyo Waskito sebagai Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi; Iryana Margahayu sebagai Direktur Pengembangan Standar Infrastruktur, Penilaian Kesesuaian, Personal, dan Ekonomi Kreatif; Triningsih Herlinawati sebagai Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian; Agustinus Praba Drijarkara sebagai Direktur Akreditasi Laboratorium; Fajarina Budiantari sebagai Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi; serta Ajat Sudrajat sebagai Kepala Biro Perencanaan, Keuangan, Umum dan Pengadaan.

Untuk pejabat fungsional yang dilantik melalui proses inpasing adalah Analis Standardisasi Ahli Madya sebanyak 2 orang, Analis Standardisasi Ahli Muda sebanyak 55 orang, Analis Standardisasi Ahli Pertama sebanyak 95 orang, Metrolog Ahli Muda sebanyak 8 orang, Metrolog aahli Pertama sebanyak 9 orang, Analis Hukum Muda sebanyak 1 orang, serta Analis Hukum Pertama sebanyak 2 orang.

Hadir sebagai saksi untuk pelantikan Pejabat Fungsional Ahli Utama dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama adalah Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo dan Analis Kebijakan Ahli Utama BSN, Puji Winarni. Adapun saksi untuk pelantikan Pejabat Fungsional Analis Standardisasi, Metrolog, dan Analis Hukum untuk jenjang Madya, Muda dan Pertama adalah Deputi Bidang Penerapan Standar BSN, Zakiyah dan Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo.

Sejumlah 109 pejabat yang dilantik menghadiri pelantikan secara fisik, sedang 72 lainnya menghadiri secara daring.

Selamat kepada Pejabat BSN yang mendapatkan amanah baru! (arf/put-humas)