Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mentransformasikan Semangat Pahlawan untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa

  • Senin, 12 November 2018
  • Humas BSN
  • 1626 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama Lembaga Pemerintah Non Kementerian di lingkungannya pada Senin, 12 November 2018 di PUSPIPTEK, Tangerang Selatan, Banten. Upacara dipimpin oleh Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza.

Dalam Amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Hammam, Menteri Sosial menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru, mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku" yang mengandung makna bahwa sesuai fitrahnya, dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hari yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Selain itu, memasuki era revolusi industri 4.0, Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain. Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, Menteri Sosial mengajak agar kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini.

Turut hadir dalam upacara ini Sekretaris Utama BSN Puji Winarni, Deputi Bidang Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN Zakiyah, serta jajaran Pejabat Eselon II – IV di lingkungan BSN.(ria-humas)