Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UKM Penerap SNI Binaan BSN tampil dalam Festival Harkonas 2024

  • Kamis, 18 April 2024
  • Humas BSN
  • 538 kali

3 UKM Penerap SNI Binaan BSN, Roti Eyang, Bumbu RasaKoe, dan Mukena Tatuis tampil dalam booth BSN pada Festival Harkonas 2024. Festival Harkonas yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia ini, berlangsung pada tanggal 18 hingga 21 April 2024 mendatang di Trans Studio Mall Cibubur. Festival Harkonas merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 yang puncak acaranya akan diselenggarakan pada tanggal 24 April 2024.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Nur Hidayati saat hadir dalam Festival Harkonas (18/04/2024) mengatakan, Harkonas telah menjadi momentum bagi BSN untuk memberikan edukasi dan mengingatkan  kembali  kepada konsumen untuk menjadi konsumen cerdas dalam membeli produk.

“Kita mengingatkan kembali kepada masyarakat, SNI sebagai jaminan produk yang aman dan berkualitas akan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk,”ujar Nur Hidayati.

Tanda SNI dalam produk, lanjut dia, diharapkan menjadi acuan bagi konsumen untuk memilih produk yang aman dan terhindar dari produk yang tidak berkualitas.

Maka, dalam momentum keikutsertaan BSN dalam booth pada Festival Harkonas 2024, BSN mengangkat role model UKM penerap SNI serta mengenalkan program SNI Bina UMK, yang hingga saat ini masih menjadi program unggulan BSN.

“BSN membantu UMKM meningkatkan daya saing produknya melalui pembinaan penerapan SNI. Melalui penerapan dan sertifikasi SNI ini, UMKM akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkat akses pasarnya,”tambahnya.

Melalui booth BSN pada Festival Harkonas, UKM yang ber-SNI juga dapat mempromosikan dan memasarkan produknya kepada para konsumen sehingga harapannya dapat meningkatkan omset penjualan dan mendapatkan pasar yang lebih luas lagi

Senada dengan Nur Hidayati, Direktur PT. Selaras Rasakoe Indonesia, Maya Trifani mengatakan, melalui booth BSN ini, pihaknya dapat memperkenalkan bumbu dengan merk RasaKoe secara lebih luas, dan berharap bisa mendapatkan customer baru melalui kegiatan Festival Harkonas ini.

Bumbu RasaKoe memamerkan berbagai aneka bumbu dasar bubuk, bumbu masak bubuk, bumbu tabur bubuk, serta bumbu renceng bubuk.

“Bumbu kami telah menerapkan SNI dan bumbu kami dapat dikatakan sehat karena tidak mengandung MSG dan bahan pengawet,” jelas Maya.

UKM lainnya dalam booth BSN, Roti Eyang juga berharap bahwa produknya yang ber-SNI bisa semakin dikenal dan dibeli oleh konsumen.

Owner Roti Eyang, Suharso W. Sulistyo mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada BSN yang telah membina dalam penerapan SNI dan memfasilitasi sertifikasi SNI serta mengajak ikutserta mempromosikan produk Roti Eyang pada Festival Harkonas 2024.

“Kami berharap event ini bisa berdampak memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Standardisasi Indonesia, dan kami berharap melalui event ini akan mendapatkan prospek customer baru,”ungkap Suharso.

Roti Eyang sendiri menerapkan SNI 8372:2018 Roti Manis untuk roti eyang pada jenis produk roti harga ekonomis. Roti eyang diproduksi untuk 3 jenis produk, harga ekonomis (harga Rp 2 ribu, semi premium harga Rp 6 ribu, dan premium harga Rp 8 ribu).

Pada Festival Harkonas 2024, Roti Eyang memamerkan produknya yang berharga premium dengan berbagai roti rasa kopi ori, kopi vanila, kopi coklat keju, pisang coklat, sosis, pizza,keju, coklat keju, nanas, kacang merahkacang hijau, dan coklat.

“Melalui pameran ini, kami mendapatkan prospek baru dari perusahaan dan instansi pemerintah untuk pengadaan snack seperti rapat dan memasarkan produknya di kantin kantor mereka,”tutur Suharso. Dalam menawarkan produknya, Suharso juga berpromosi bahwa roti eyang sudah ber-SNI dan diproduksi secara sehat.

Selain produk makanan, booth BSN juga menampilkan UKM binaannya, Mukena regular spesialis haji merk Tatuis, yang meraih SNI 8856:2020 Tekstil-Mukena.

Dalam festival ini, Mukena Tatuis mempromosikan produk mukenanya yang telah memenuhi parameter SNI diantaranya lulus uji kekuatan jebol, kekuatan tarik, perubahan warna,dan tahan gosokan. Mukena Tatuis juga dijamin bebas formaldehida, zat warna azi karsinogen, dan juga logam terekstrasi. Mukena Tatuis selain dengan bahan dan motif yang menarik juga produknya berkualitas serta aman digunakan.

Dengan penampilan UKM Penerap SNI binaan BSN ini, masyarakat punya kesempatan untuk berkunjung ke booth BSN, membeli produk ber-SNI atau berkonsultasi gratis dengan pemandu dari tim BSN tentang SNI dan layanan BSN secara umum. Jadi, jangan sampai kehilangan kesempatan, karena Festival Harkonas hanya sampai hari Minggu 24 April 2024.

Selain Bazaar UKM/Pameran, Festival juga dimeriahkan dengan Talkshow yang mengambil topik dan narasumber menarik, lomba menggambar dan mewarnai serta poster, serta Klinik Pengaduan Konsumen. Selain Kementerian Perdagangan dan BSN, turutserta juga GAPMMI, BPKN, BCA, Bank Indonesia, OJK, Legoas, Yakult, serta Pegadaian. (DNW-Humas)

Galeri Foto: UKM Penerap SNI Binaan BSN tampil dalam Festival Harkonas 2024