Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Produk Mamin China Tak Penuhi Standar Kesehatan

  • Senin, 23 Maret 2009
  • 1690 kali
Kliping berita :

Produk makanan, minuman, dan jamu asal Malaysia, Thailand, China dan Singapura masih menjadi temuan terbesar Balai POM Medan dalam razia barang kadaluwarsa, tanpa registrasi dan termasuk dalam kategori tidak memenuhi standar kesehatan.

"Tahun lalu misalnya, POM Medan menemukan dan memusnahkan makanan dari Thailand dan Malaysia, termasuk kosmetika dari Singapura dan Thailand dalam jumlah cukup banyak," kata Kepala Balai Besar POM Medan, Supriyanto Utomo, di Medan, Jumat (20/3).

Balai POM Medan semakin meningkatkan pengawasan, apalagi pemerintah berkomitmen menjaga pasar dalam negeri, dari serbuan produk asing ditengah berlangsungnya krisis global.

Hal yang paling penting, kata dia, adalah menghindari konsumen dari makanan/minuman termasuk produk yang membahayakan kesehatan.

"Produk dalam negeri juga diawasi, karena ternyata banyak juga buatan dalam negeri yang tidak memenuhi standar dan membahayakan kesehatan konsumen," katanya.

Dia menyebutkan, masih banyaknya ditemukan makanan luar negeri tanpa registrasi dan tidak memenuhi standar itu, selain merupakan bukti bahwa pasar Indonesia dinilai merupakan pasar potensial, juga karena ulah konsumen yang cenderung menyukai produk asing, meski hanya sekedar untuk gengsi. (kpl/bar)

Sumber : www.kapanlagi.com
Sabtu, 21 Maret 2009, 06:15 WIB


Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat