Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

  • Kamis, 20 April 2017
  • 3774 kali

 

Badan Standardisasi nasional (BSN) kembali  melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Perguruan Tinggi Nasional, kali ini BSN melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh yang dilaksanakan pada Rabu, 19 Maret 2017 lalu di ruang Balai Senat UNSYIAH. MoU tersebut ditandatangani oleh Kepala BSN, Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya MSc dan Rektor UNSYIAH Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal MEng. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Dekan di lingkungan UNSYIAH serta Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi, Ir. I Nyoman Supriyatna, M.Sc. bersama perwakilan Pusat kerjasama Standardisasi (PKS) BSN. Dalam sambutannya, Rektor UNSYIAH mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mendorong dan memfasilitasi laboratorium di UNSYIAH dalam penerapan sistem manajemen mutu. Penerapan ini dilakukan untuk menghadirkan laboratorium yang berkompetensi sekaligus diakui oleh Komite Akreditasi Nasional.

 

“Mengingat ketatnya persyaratan akreditasi yang ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional, maka MoU ini sangat penting agar laboratorium UNSYIAH berpeluang untuk diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional menjadi lebih besar,” kata Prof Samsul.

 

Menurutnya, tahun ini UNSYIAH menargetkan peningkatan nilai akreditasi tiga laboratorium di bawah koordinasi UPT Laboratorium Terpadu UNSYIAH. Tiga laboratorium tersebut adalah Laboratorium Geo Teknik, Laboratorium Konstruksi dan Bahan Bangunan, serta Laboratorium Kimia. Setelah mendapatkan nilai akreditasi, laboratorium UNSYIAH berpeluang untuk mengembangkan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi produk-produk lokal, seperti obat herbal dan kopi.

 

 

Dalam kesempatan sama juga berlangsung Seminar Pembinaan dan Pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian yang disampaikan oleh kepala BSN. Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilakukan deklarasi penerapan SNI ISO/IEC 17025 oleh Kepala Laboratorium Terpadu UNSYIAH, Dr Ir Taufiq Saidi M. Deklarasi tersebut bertujuan untuk menghadirkan laboratorium yang menerapkan sistem manajemen mutu sesuai SNI/ISO dan mengutamakan kepuasan pengguna jasa. Setelah melakukan penandatanganan MoU dan juga seminar, Kepala BSN bersama dengan rombongan melakukan kunjungan ke Laboratorium Geo Teknik, Laboratorium Konstruksi dan Bahan Bangunan, serta Laboratorium Kimia UNSYIAH. Kepala BSN berharap agar UNSYIAH nantinya bisa menjadi salah satu penggerak standardisasi dan penilaian kesesuaian di Aceh. (reza – humas)