Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kembangkan Teknologi "Smart Grid"

  • Kamis, 01 Januari 1970
  • 3527 kali
Kliping Berita

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendorong pengembangan teknologi listrik yang efisien dengan teknologi smart grid (jaringan cerdas) di Indonesia, sehingga tercipta masyarakat smart electrification. Smart grid adalah cara mengantisipasi masalah kelistrikan konvensional.

"Misalnya beban siang hari, lebih besar dari beban malam hari. Kemudian ada juga emisi karbon. Ketika kita membangun sebuah jaringan listrik, itu hulu dan hilirnya harus free," kata Kepala BSN Bambang Setiadi, usai acara Smart Grid Menuju Masa Depan Dunia di Jakarta, Rabu (21/12).

Indonesia harus meniru negara maju yang sudah menerapkan smart grid menuju masyarakat smart electrification. Seperti di Australia, Korea Selatan dan Norwegia. Namun, ia tidak merinci seberapa efisien smart grid dibandingkan pengeluaran biaya listrik yang sekarang.

"Kondisi ini sangat urgent karena kita satu-satunya negara yang punya lebih dari 13.000 pulau. Kita harus siap memberi listrik ke semua pulau itu, Karena pada suatu saat masyarakat akan menuju ke pulau kecil-kecil itu," jelasnya.

Di Korea Selatan dengan menggunakan pendekatan smart grid, mereka mengembangkan sistem jaringan listrik dengan biaya 218 juta dolar AS untuk memasok kebutuhan 6.000 keluarga.

"Bayangkan kalau kita punya 13.000 pulau, kemudian ada pulau-pulau potensial yang layak huni. Kita bisa mengembangkan smart grid ini di pulau itu, katakanlah kita bisa memberi listrik ke 500 keluarga," tutur Bambang.

Namun, bila smart grid bisa dijalankan, jangan lupa masalah standardisasinya. "Kalau kita tidak memperhatikan standard, maka teknologinya akan jadi tidak karuan," ujarnya.

Mengenai berapa biayanya, menurut Bambang, tergantung berapa besar PLN mengenakan tarifnya. "Kalau kita bicara biayanya itu masih panjang prosesnya, yang penting saat ini adalah dibentuk kepanitiaan teknis," ujarnya.

Smart grid atau smart electrification adalah jaringan listrik yang secara cerdas mengintegrasikan aksi-aksi dari seluruh pengguna yang tersambung mulai dari pembangkit, perangkat transmisi untuk mengantarkan listrik dengan efisien, berkelanjutan, ekonomis, dan aman bagi konsumen. Dengan kata lain, smart grid adalah sistem jaringan listrik yang lebih pintar dan lebih modern.

BSN mengajak seluruh stakeholder di Indonesia bersama-sama mengembangkan suatu teknologi yang efisien, seperti smart grid ini yang referensinya sudah ada di berbagai negara maju. (cr-1)
Sumber : PelitaOnline, Kamis 22 Desember 2011.

Link : http://www.pelitaonline.com/read-cetak/11253/bsn-kembangkan-teknologi-smart-grid/