Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pasar Murah di Pekan Baru

  • Selasa, 26 Juli 2011
  • 952 kali
Kliping Berita

Jakarta (Citra Indonesia.com): Kenaikan harga sembako 10 sampai 15% setiap perayaan keagamaan tidak perlu terjadi. Karena produk-produk sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) masih mencukupi.

“Mestinya tidak perlu terjadi. Stok sembako mencukupi,” tegas Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar didampingi Dirjen SPK Nus Nuzulia Ishak, ketika membuka pasar murah di Lapangan Sepakbola Jalan Hang Jebat, Kelurahan Suka Mulya, Kecamatan Sail, Selasa (26/7/2011).

Dalam mengerem kenaikan harga kebutuhan pokok rakyat itu, kata dia, diperlukan sinergi antara produsen, pedagang, dan instansi terkait.

“Kita bersinergi dalam melakukan normalisasi harga melalui operasi pasar (OP) dan Pasar Murah,” ujarnya menambahkan.

Ia juga menyambut baik pasar murah itu. Pasalnya untuk produk senilai Rp148.000, warga akan mendapatkan potongan harga Rp22.500. Potongan harga itu didapat karena sudah disubsidi pemerintah.

Dan sekedar diketahui kebutuhan sembako yang dijual di pasar murah itu antara lain beras ukuran 10 kilo gram, gula 2 kg, Migor 2 liter dan lain sebagainya.

Mahendra Siregar juga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Sail dan meninjau Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Pekanbaru.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Citra Indonesia.com, sidak ini melibatkan anggota Tim Terpadu yakni Bareskrim Polri, BPOM, Menko Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Direktorat Pegawasan Barang Beredar dan Jasa, Dinas Perindag Pekan Baru dan instansi terkait lainnya.

Sementara apa saja barang- barang yang ditemukan, belum diketahui, karena sidak sedang berlangsung.

Tim ini akan menginspeksi sejumlah toko dan mall yang menjual produk tidak sesuai SNI, tidak punya label, kadaluarsa dan lainnya. Sebelumnya di Medan, Mendag Mari Elka Pangestu mengatakan, Juni adalah awal penegakan hukum terhadap mereka yang menjual produk tidak sesuai standard (SNI). (oloan siregar/foto.ilustrasi)

Sumber : citraindonesia.com, Selasa 26 Juli 2011.
Link : http://citraindonesia.com/mendag-buka-pasar-murah-di-pekan-baru/




­