Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemerintah akan Fasilitasi Akreditasi Label SNI untuk Batik

  • Senin, 25 Juli 2011
  • 1020 kali
Kliping Berita

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan memfasilitasi akreditasi label Standar Nasional Indonesia (SNI), terutama bagi industri batik skala kecil menengah. Biaya akreditasi SNI yang belaku dinilai memberatkan pelaku UKM. Hal itu dikatakan Euis Saedah, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian di Jakarta, baru-baru ini.

Euis mengatakan untuk membantu mendorong perkembangan industri batik, pemerintah akan menerapkan SNI terhadap setiap produk lokal agar mampu bersaing di pasar global. Sayangnya banyak pelaku UMKM yang mengeluhkan biaya registrasi SNI sebesar Rp7 juta. Biaya itu dinilai mahal hanya untuk dicantumkan sebagai logo SNI di produk UKM.

Untuk itu pemerintah akan mempertimbangkan akreditasi SNI kolektif dan keringanan biaya melalui bantuan pendanaan dari pemerintah. Data Kemenperin mencatat saat ini terdapat lebih dari 39 ribu unit industri kecil menengah yang memproduksi batik dengan nilai produksi tahun lalu mencapai Rp3,94 triliun.(DSY)

Sumber : Metrotvnews.com, Senin 25 Juli 2011.
Link : http://metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/07/25/132748/Pemerintah-akan-Fasilitasi-Akreditasi-Label-SNI-untuk-Batik




­