Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Penerapan SNI Merupakan Kebutuhan

  • Jumat, 08 Juli 2011
  • 1219 kali
Kliping Berita

Singkawang – Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk-produk dalam negeri bukan hanya sebagai keharusan, tapi sudah menjadi kebutuhan untuk melindungi konsumen dari serbuan produk impor.

“Penerapan standardisasi kepada pelaku usaha, di samping untuk melindungi konsumen juga untuk mendukung persaingan perdagangan yang sehat di dalam negeri. Sehingga dapat meningkatkan daya saing produk, khusus industri kecil dan menengah,” kata Endi Ezwar, Kepala Seksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Disperindag Kalbar ketika Sosialisasi Penerapan SNI di Hotel Khatulistiwa II, kemarin (7/7).

Sosialisasi yang dilaksanakan Disperindag Kalbar bekerja sama dengan Disperindagkop dan UMKM Kota Singkawang ini diikuti 35 pengusaha IKM se-Kota Singkawang, dan aparatur terkait di lingkungan Pemkot Singkawang.

Dalam sosialisasi tersebut, hadir narasumber dari Balai Riset dan Standarisasi Pontianak AM Yanuar, dan Unit Pelaksana IKM Disperindag Kalbar Heri Hermansyah. Keduanya menjelaskan kepada para pengusaha IKM mengenai penerapan SNI.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UMK Kota Singkawang, Emi Erwanda SE mengatakan, guna menuju kehidupan yang lebih berkualitas serta meningkatkan daya saing, diperlukan penerapan SNI.

Menurutnya, untuk menghadapi persaingan di dunia usaha, diperlukan perbaikan daya saing IKM di antaranya melalui penerapan SNI. “SNI merupakan salah satu unsur penting dalam pengawasan mutu produk yang dihasilkan pelaku usaha,” tegas Emi.

Dia mengatakan, SNI merupakan suatu yang tidak bisa ditawar lagi. Bila pelaku usaha menginginkan produknya tetap bertahan (survive) di pasaran dan berkembang serta mampu berkompetisi di era perdagangan bebas, hendaknya menerapkan SNI. (dik)

Sumber : Harian Equator.com, Jumat 8 Juli 2011.
Link : http://www.equator-news.com/lintas-utara/singkawang/penerapan-sni-merupakan-kebutuhan




­