Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Produk Untungkan Konsumen dan Pengusaha

  • Kamis, 07 Juli 2011
  • 994 kali
Kliping Berita

JAKARTA (Suara Karya): Sosialisasi standarisasi produk sangat bermanfaat bagi perlindungan konsumen, pelaku bisnis, pekerja dan masyarakat. Standarisasi itu meliputi keselamatan, keamanan, kesehatan dan lingkungan.

Hal itu ditegaskan Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Masyarakat Standarisasi Indonesia (Mastan) Ir Syahrudin Chaniago usai meresmikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Mastan Sumatera Utara periode 2011-2015, Rabu (6/7).

Lebih lanjut Syahrudin mengatakan, Mastan adalah organisasi masyarakat non permerintah yang kompeten dan peduli dengan standardisasi.

"Standardisasi diharapkan akan menciptakan keteraturan dalam berbagai kegiatan, terutama menyangkut jaminan mutu produk barang dan jasa dalam kegiatan bisnis serta menyangkut keselamatan, keamanan dan lingkungan dalam rangka menjamin perlindungan masyarakat pengguna produk," ujarnya.

"DPW Sumut merupakan DPW kedelapan yang dilantik pada tahun ini. Kehadiran Mastan di setiap daerah memiliki peran strategis guna membangun dan memperkuat kesadaran masyarakat menerapkan budaya standardisasi sehari-hari," kata Syahrudin.

Saat ini produk asal Sumatera Utara yang telah memiliki label SNI mulai meningkat. Peningkatan terasa pada produk-produk yang terkena dampak langsung regulasi Perpres No. 54/2010 yang mewajibkan produk-produk harus ber-SNI. (Yon Parjiyono)

Sumber : Suara Karya Online, Kamis 7 Juli 2011.
Link : http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=282339




­