Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mastan Dorong Pemakaian SNI

  • Selasa, 05 Juli 2011
  • 1030 kali
Kliping Berita

Oleh Master Sihotang

MEDAN: Dewan  Pimpinan Nasional (DPN) membentuk  pengurus Dewan perwakilan Wilayah Mastan Sumut untuk membantu pemangku kepentingan standar nasional Indonesia (SNI).

Syahruddin Chaniago, Ketua Dewan Pimpinan Nasional Mastan menegaskan sebelum diusulkan mendapatkan SNI, Mastan sangat berperan menetapkan standar dan evaluasi terhadap standar sebuah produk.

“SNI itu mampu meningkatkan  daya saing produk di dalam dan luar negeri,” ujarnya di Medan Selasa 5 Juli 2011.

Menurut dia, Mastan dideklarasikan oleh orang-orang yang peduli terhadap standar produk agar mampu meningkatkan daya saing di dalam dan luar negeri.

Menurut dia, standarnisasi  diharapkan akan menciptakan keteraturan dalam berbagai kegiatan,  terutama menyangkut jaminan mutu produk barang dan jasa dalam kegiatan bisnis serta menyangkut keselamatan, keamanan, dan lingkungan dalam rangka melindungi konsumen pengguna produk.

Mastan akan menghadirkan perwakilan mastan di daerah dalam rangka membantu para pengusaha dan konsumen untuk mendapatkan produk yang menggunakan SNI.

Masalahnya, kata dia, budaya kerja yang belum terbiasa menggunakan sistem dan prosedur serta belum tertibnya penerapan manajemen yang sederhana dan praktis.

Apabila konsistensi pemenuhan standar industri lebih diperhatikan, Mastan optimis jumlah produk dari Sumatra Utara yang ber SNI akan lebih meningkat. “Mastan akan lebih gencar mensosialisasikan penggunaan SNI ke daerah, sehingga produk industri nasional memenuhi standar nasional,” tuturnya.

Sumber : bisnis-sumatra.com, Selasa 5 Juli 2011.
Link : http://www.bisnis-sumatra.com/index.php/2011/07/mastan-dorong-pemakaian-sni/




­