Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Penjualan motor melaju pesat, bisnis helm ikut melesat

  • Senin, 13 Juni 2011
  • 1853 kali
Kliping Berita

JAKARTA. Penjualan sepeda motor yang meningkat secara langsung mendongkrak permintaan helm. Alhasil, para produsen helm pun bermunculan. Salah satu pemain baru adalah PT Central Sole Agency (CSA).

PT CSA baru meluncurkan produknya, yaitu helm bermerek KBC. Untuk menembus pasar, perusahaan ini mempromosikan helm KBC di arena pameran Jakarta Fair yang kini sedang berlangsung di Kemayoran. CSA mengeluarkan helm tipe KBC V-Series dengan harga Rp 550.000 unit. Helm merek dari perusahaan helm asal Amerika Serikat tersebut diproduksi di Korea Selatan.

CSA yang juga anak usaha dari Indopart Group ini mengimpor utuh langsung dari Korea Selatan. "Kami mulai resmi memasarkan di ajang Pekan Raya Jakarta," tutur Willianto Husada, Wakil Direktur Indoparts.

Willianto menguraikan, ia menargetkan penjualan 1.500-2.000 unit helm per bulan. Ia optimistis target tersebut tercapai karena merek KBC sudah cukup dikenal di dunia dan termasuk salah satu merek helm motorcross yang memimpin pasar helm dunia dengan pangsa pasar 75%. Untuk memacu penjualan, CSA menggelar beragam promosi. "Kami juga punya program tukar tambah helm lama (trade in) di pameran untuk menaikan penjualan," katanya.

Selain seri tersebut, CSA berencana dalam waktu dekat ini menjual helm tipe open face dengan label SNI dengan harga yang lebih terjangkau. Menurut William, CSA sedang menyusun strategi harga yang tepat untuk pasar Indonesia. "Secepatnya akan segera kami jual," kata Willianto.

Hendri Tedja Kusumah, Direktur Pemasaran perusahaan produsen helm PT Tarakusuma Indah, mengatakan, perusahaannya juga memanfaatkan momen pameran seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) untuk meningkatkan penjualan.

Produsen helm merek KYT dan MDS ini juga mengeluarkan paket promosi. "Bentuk promosi berupa beli helm dapat bonus marchendise, tujuannya menarik pembeli," kata Hendri.

Ketua Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) John Manaf mengatakan, penjualan helm di dalam negeri memang terus meningkat. Sebab, populasi kendaraan bermotor pun terus meningkat setiap bulannya. Menurut John potensi pasar helm bisa dihitung dengan mudah, yaitu setiap satu motor membutuhkan dua helm sebagai perangkat keselamatan.

Penjualan motor tahun 2010 mencapai 7,3 juta unit. Kemungkinan, penjualan motor tahun ini bisa menembus 8,2 juta unit. Artinya potensi penjualan helm baru sekitar 16 juta unit. Menurut John, selama lima bulan ini ada peningkatan penjualan 5%-10% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sumber : Kontan, Senin 13 Juni 2011. Hal. 14




­