Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Soal Kerja Sama dengan Cina

  • Senin, 02 Mei 2011
  • 1109 kali
Kliping Berita

INDONESIA sudah kadung menandatangani perjanjian ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA). Untuk mengurangi dampak negatifnya bagi perekonomian kita, pemerintah Indonesia harus meningkatkan daya saing produk lokal. Apalagi-dari sisi kualitas-sebagian produk lokal kita tidak kalah dibanding produk Cina. Hanya dari segi harga kita tak mampu bersaing.

Untuk itu, pemerintah harus mulai memangkas berbagai pos biaya yang tidak penting, terutama biaya birokrasi dan perizinan. Selain itu, kemitraan antara perusahaan besar dan industri rumah tangga juga penting ditingkatkan. Pemerintah Indonesia pun harus mengawasi ketat semua impor barang Cina dan memberlakukan Standar Nasional Indonesia atas produk impor itu.

Untuk jangka panjang, pemerintah harus mulai meningkatkan kapasitas terpasang pada seluruh cabang industri manufaktur, melakukan deregulasi perizinan, memperbaiki infrastruktur-terutama listrik, jalan, dan pelabuhan. Akses intermediasi perbankan yang menarik investor juga perlu ditingkatkan.

Tanpa itu semua, Indonesia bisa tumbang. Liberalisasi perdagangan yang berlebihan ketika kita tidak siap akan menjadi bencana ketika krisis datang. Semoga Indonesia bisa memanfaatkan ACFTA sebagai peluang. Jangan sampai kita hanya jadi pasar besar untuk barang-barang Cina.

Wiwin Hariyanto
Jalan Dewishinta Blok BZ No. 19
Kelapa Gading,
Jakarta Utara

Sumber : Suara Pembaca, Tempo Senin 2 Mei 2011. Hal. 8




­