Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Alvin Lie: Razia Indomie, Taiwan Lecehkan RI

  • Kamis, 21 Oktober 2010
  • 1496 kali


Kliping Berita

"Kami kecewa sikap pemerintah yang adem ayem dan tidak melakukan tindakan apa-apa."

Arfi Bambani Amri, Mohammad Adam
 
VIVAnews - Alvin Lie, kali ini sebagai Koordinator Masyarakat Bangga Produk Indonesia, mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat membicarakan soal mi instan Indomie yang dirazia di Taiwan.

Mantan anggota DPR dari Partai Amanat Nasional itu menyebut, Taiwan telah melecehkan Indonesia. "Kasus ini, ini adalah muslihat perang dagang. Produk mi instan di Taiwan pasti sudah memenuhi ketentuan Standar Nasional Indonesia dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan serta syarat internasional lainnya," kata Alvin Lie usai bertemu Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Kamis 21 Oktober 2010.

Menurut Alvin, setiap produk yang masuk Taiwan itu pasti melewati juga bea cukai. "Jadi kalau tidak sesuai dan tidak memenuhi syarat, tentu sudah ditolak masuk. Bukan malah melakukan razia produk-produk yang sudah ada di pasaran," katanya.

"Kami yakin mi instan buatan Indonesia yang telah bersertifikasi SNI dan Badan POM adalah produk yang telah memenuhi persyaratan keamanan sehingga kasus pelarangan dan razia seperti itu merupakan pelecehan SNI dan Badan POM," kata Alvin lebih lanjut.

Karena itu, Alvin meminta pimpinan DPR untuk menyuarakan protes kepada Taiwan. "Kami kecewa sikap pemerintah yang cenderung adem ayem dan tidak melakukan tindakan apa-apa."

Pemerintah, kata dia, belum menunjukkan kesungguhan dalam membela reputasi Indonesia. Kami belum melihat langkah-langkah konkret dan tegas untuk menegaskan pada Taiwan dan negara lain bahwa Indonesia tidak dapat mentolerir muslihat perang dagang yang dilakukan Taiwan," kata pria berkacamata itu.

Sebagai hasil pertemuan dengan Pramono Anung, Alvin menyebut masalah Indomie ini akan dibawa ke rapat pimpinan DPR. DPR sendiri sebenarnya sudah membahas ini melalui Komisi IX dengan memanggil Bos Indomie dan Badan POM.

Soal Indomie ini, hanya Taiwan yang menyatakan tak sesuai standar produk. Beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia menyatakan aman. Lebih jauh soal Indomie ini, baca liputan khusus.

Sumber : VivaNews.com, Kamis 21 Oktober 2010.
Link : http://bisnis.vivanews.com/news/read/184158-alvin-lie--razia-indomie--taiwan-lecehkan-ri




­