Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Puluhan Ribu Tabung Elpiji Rusak di Musi Rawas

  • Kamis, 14 Oktober 2010
  • 1111 kali

Kliping Berita


ANTARA/Ari Bowo Sucipto/rj
MUSI RAWAS--MICOM: Stasiun Pengisian Bulk Elpiji, Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan, saat ini menyita 10.000 lebih tabung gas ukuran tiga kilogram yang rusak.

"Tabung gas ukuran tiga killogram yang mengalami kerusakan tersebut disita dari agen yang akan mengisi ulang gas dari Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Empat Lawang, Lahat dan Pagar Alam," kata bagian pengisian SPBE Muara Beliti, M Sidik, Rabu (13/10).

Pengamanan oleh pihak SPBE tersebut terhitung mulai 2009-2010, tabung gas yang mengalami kerusakan ini selain tidak di isi juga disita SPBE sebagai bentuk mengurangi resiko ledakan tabung gas yang marak terjadi belakangan ini.

Sebelum dilakukan pengisian tabung gas pihaknya selalu berhati-hati sehingga  sebelum dilakukan isi ulang masing-masing yang dibawa agen gas dilakukan pengecekkan, jika kondisinya rusak langsung disingkirkan dan diganti dengan tabung baru.

Untuk mengganti tabung-tabung yang rusak tersebut, pihaknya saat ini  memiliki stok sebanyak 30 ribu tabung kosong. Tabung-tabung tersebut di sediakan PT Pertamina dan jika habis akan segera ditambah.

Sejauh ini pihak SPBE Muara Beliti kata dia, belum mendapat perintah dari PT Pertamina untuk penarikan tabung yang tidak memiliki logo Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga tabung-tabung tanpa logo tersebut tetap diisi. (Ant/OL-2)

Sumber : Media Indonesia Online, Kamis 14 Oktober 2010
Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/14/175036/126/101/Puluhan-Ribu-Tabung-Elpiji-Rusak-di-Musi-Rawas




­