Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dongkrak Potensi Penerap SNI Menembus Pasar Global

  • Jumat, 30 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 144 kali

Untuk mendukung meningkatnya akses pasar produk-produk Indonesia, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Export Center Surabaya dan Bank Nasional Indonesia (BNI) menggelar Webinar Potensi Penerap SNI Menembus Pasar Global secara daring pada Jumat (30/8/2024).

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati dalam sambutannya menyampaikan bahwa BSN sebagai lembaga pemerintah memiliki concern kepada pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM untuk bagaimana mereka bisa eksis dan meningkatkan akses pasarnya di tingkat nasional maupun global.

“Karena BSN ranahnya adalah standardisasi tentunya kita mendampingi dan memfasilitasi dari sisi pemenuhan persyaratan standar maupun pemenuhan persyaratan untuk regulasi ekspor, regulasi negara tujuan ekspornya seperti apa,” jelas Nur.

Jika berbicara pasar ekspor, lanjut Nur, tentunya kita harus memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor. Masing-masing negara memiliki spesifikasi yang berbeda-beda yang harus dipahami oleh pelaku usaha.

Dalam webinar kali ini, Koordinator Tenaga Teknis dan Tenaga Teknis Bidang Standarisasi Produk, Akses Pasar, Promosi dan Pemasaran Ekspor dari Export Center Surabaya, Jalian Setiarsa memaparkan tentang strategi pengembangan pasar lokal menuju pasar global. Dalam paparannya ia menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan pelaku usaha untuk bisa melakukan ekspor, mulai dari persyaratan legalitas, media promosi dan komunikasi, korespondensi ekspor, dokumen ekspor, hingga mengikuti kegiatan akses pasar dan pemasaran.

Selanjutnya, Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur, Malaysia, Aziza Rahmania menjelaskan tentang eksplorasi pasar Malaysia dengan memberikan gambaran tentang bagaimana kondisi pasar Malaysia dan juga regulasi yang berlaku di Malaysia, seperti regulasi makanan, perikanan, hingga produk listrik dan elektronik. Selain itu, kegiatan ekspor impor juga diatur oleh Malaysia Quarantine and Inspection Services (MAQIS).

Sementara itu, AVP Business Advisory Xpora Bank BNI, Tryfino memperkenalkan program BNI Expora yang merupakan One Stop Solution untuk meningkatkan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global serta menjadi pusat layanan bagi para diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.

Diharapkan melalui webinar ini dapat menambah pemahaman pelaku usaha tentang ekspor dan bisa membantu meningkatkan akses pasar ekspor ke Malaysia, Amerika, Eropa ataupun ke negara-negara lain.(tyo-humas)