Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kerja Sama BSN – UMN – MMI untuk Kembangkan Sertifikat Kalibrasi Digital

  • Jumat, 23 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 246 kali

 

Untuk mewujudkan kerja sama dan sinergisitas dalam rangka pengembangan sertifikat kalibrasi digital, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Masyarakat Metrologi Indonesia (MMI) tentang Pengembangan Sertifikat Kalibrasi Digital.

Penandatanganan PKS dilakukan Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Y. Kristianto Widiwardono dengan Dekan Fakultas Teknik & Informatika UMN, Niki Prastomo serta Presiden MMI, Sukiswanto pada Kamis (22/8/2024) di Auditorium Gedung 420, KST BJ. Habibie Serpong, Tangerang Selatan.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini meliputi: pengembangan aplikasi untuk membuat dan membaca sertifikat kalibrasi digital level 2 dan 3; penyediaan sumber daya yang diperlukan termasuk didalamnya adalah storage/cloud system dan sistem keamanan data (security); pembuatan manual atau petunjuk tenis penggunaan aplikasi untuk membuat dan membaca sertifikat kalibrasi digital level 2 dan 3; penyelenggaraan kegiatan sosialisasi/pelatihan penggunaan aplikasi untuk membuat dan membaca sertifikat kalibrasi digital level 2 dan 3; serta pendampingan penerapan dan penerbitan sertifikat kalibrasi digital untuk permintaan layanan kalibrasi SNSU BSN.

Deputi SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kerja sama ini sangat penting agar sertifikat kalibrasi yang diberikan SNSU BSN terdigitalisasi hingga level yang lebih tinggi.

Saat ini sertifikat kalibrasi yang kami terbitkan sudah berbentuk digital, namun masih level 1, data yang tercantum dalam sertifikat tersebut hanya dibaca manusia. Kami ingin mengembangkannya menjadi level berikutnya, di mana data penting dalam sertifikat tersebut, misalnya ketidakpastian, error, kondisi lingkungan, dapat dengan mudah dibaca oleh mesin atau aplikasi untuk mendukung otomasi,“ jelas Kristianto

Lalu terkait kalibrasi, hal sangat penting adalah ketertelusuran. Sertifikat kalibrasi digital berpotensi untuk mendukung hal ini. Jadi dengan adanya sertifikat kalibrasi digital yang diberikan SNSU BSN kepada laboratorium kalibrasi, ke depan harapannya laboratorium kalibrasi juga memanfaatkan sertifikat digital ini, dan mereka juga mengembangkan sertifikat digital bagi klien mereka. Demikian seterusnya, sehingga rantai ketertelusuran menjadi lebih mudah terbaca,” kata Kristianto.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik & Informatika UMN, Niki Prastomo mengungkapkan bahwa kerjasama ini menjadi kesempatan bagi akademisi UMN untuk menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi pihak lain. Niki pun berharap kerja sama ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kompetensi para mahasiswa UMN.

Senada dengan hal tersebut, Presiden MMI, Sukiswanto menyampaikan bahwa MMI siap bekerja sama dengan BSN dan MMI dalam mengembangkan sertifikat kalibrasi digital, serta mensosialisasikan kepada pemangku kepentingan di bidang metrologi dan kalibrasi.

Penandatanganan PKS ini juga turut disaksikan oleh Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid, Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan Kerja Sama BSN Anna Melianawati, Kepala Program Studi Teknik Fisika UMN Muhammad Salehuddin, Ketua Bidang Kerja Sama MMI Torang P. Batubara dan juga para Ketua Tim Kerja di Lingkungan SNSU BSN. Pada kesempatan ini juga dilakukan kunjungan Laboratorium SNSU BSN untuk melihat pengelolaan SNSU serta fasilitas yang digunakan untuk melakukan layanan kalibrasi.(ria-humas)