Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIARAN PERS : Olimpiade Metrologi 2024 Sukses Digelar, Inilah Juaranya!

  • Rabu, 21 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 313 kali

SIARAN PERS
Nomor B-354/HM/B2/2024

Olimpiade Metrologi 2024 Sukses Digelar, Inilah Juaranya!

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya metrologi di Indonesia melalui Olimpiade Metrologi 2024. Ajang bergengsi ini digelar bekerja sama dengan PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia.

Olimpiade Metrologi 2024 dilaksanakan untuk 2 kategori, yaitu Kategori Universitas & Politeknik serta Kategori Industri. Kategori Universitas & Politeknik diikuti oleh perwakilan universitas atau politeknik. Adapun Kategori Industri terbuka bagi perwakilan industri atau laboratorium kalibrasi.

Olimpiade Metrologi 2024 yang kali ini mengusung fokus materi pada pengukuran dimensi, seleksi dan penjuriannya dimulai melalui tahap penyisihan tes teori secara online pada 13 - 14 Agustus 2024, yang diikuti oleh 92 peserta untuk Kategori Universitas & Politeknik dan 123 peserta untuk Kategori Industri. Dari seleksi tersebut, 16 peserta dari tiap kategori berhasil maju ke babak final yang terdiri dari tes praktik pengukuran yang digelar di Kawan Lama Solution Cikarang, Jawa Barat.

Atas penyelenggaraan Olimpiade Metrologi 2024 tersebut, Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Y. Kristianto Widiwardono, yang hadir dalam acara penyerahan penghargaan, pada Rabu (21/8/2024), di Kawan Lama Solution Cikarang, menyampaikan apresiasinya kepada PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia yang telah berkolaborasi dengan BSN.

“Dua perusahaan ini menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan sehingga Olimpiade Metrologi 2024 dapat berjalan dengan sukses,” ujar Kris biasa disapa.

"Kami berharap melalui Olimpiade Metrologi 2024 ini, akan lahir generasi muda dan praktisi industri yang unggul di bidang pengukuran, guna memajukan dunia metrologi di Indonesia," tambahnya.

Kris menegaskan, bahwa peran metrologi sebagai fondasi dalam berbagai aspek kehidupan semakin penting.

"Ketepatan dan akurasi pengukuran sangat krusial dalam menjamin kualitas produk, hasil penelitian, dan keselamatan masyarakat. Pemahaman mendalam tentang metrologi menjadi semakin relevan, terutama bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin di berbagai sektor industri," ungkap Kristianto.

Oleh karenanya, penyelenggaraan Olimpiade Metrologi 2024 tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk tidak hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap ilmu pengukuran, tetapi juga mendorong pengembangan sumber daya manusia di sektor industri, khususnya dalam pengukuran dan kalibrasi.

"Kompetisi ini mempertemukan para mahasiswa dan praktisi industri dari seluruh Indonesia, untuk menunjukkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang ilmu pengukuran. Para pemenang Olimpiade Metrologi ini merupakan individu yang telah membuktikan kompetensi mereka adalah yang terbaik," pungkasnya.

Adapun juara untuk masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

Rangga Aditya Sugiarto, Mahasiswa dari Politeknik ASTRA dinyatakan sebagai Juara I untuk Kategori Universitas & Politeknik. Adapun Rina Puspita Sari, Laboran dari Politeknik ASTRA berhasil meraih Juara I untuk Kategori Industri.

Sementara itu, Juara II Kategori Universitas & Politeknik diraih oleh Baharudin Yusuf Muhammad, Mahasiswa dari Akademi Komunitas Toyota Indonesia dan Juara III oleh Risma Meutia Putri, Mahasiswa dari Universitas Global Jakarta. Sedangkan pada Kategori Industri, Juara II diraih oleh Bagus Sanjaya Putra, Laboran dari PT PLN (Persero) Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (PUSHARLIS) dan Juara III oleh Putra Ramadhandy, Laboran dari PT GMF AeroAsia.

Mewakili PT Kawan Lama Solusi, Vincent Mintarja selaku Vice President of Product Management, menyampaikan, “Olimpiade ini adalah wujud dukungan kami terhadap peningkatan kualitas SDM di bidang vokasi. Tidak hanya berkompetisi, para peserta juga bisa menambah wawasan melalui seminar metrologi, kalibrasi dimensional, dan implementasi ISO pada industri manufaktur. Harapannya, seluruh peserta dapat merasakan dampak positif, khususnya para mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja.”

PT Kawan Lama Solusi adalah penyedia solusi industri dan komersial bagian dari Kawan Lama Group. Sejak lebih dari lima tahun yang lalu PT Kawan Lama Solusi telah mengadakan berbagai pelatihan, pendampingan, dan perlombaan metrologi. Mulai dari tingkat SMA dan SMK, universitas dan politeknik, hingga profesional. Berbagai kegiatan tersebut dilakukan demi mendorong perkembangan ekosistem industri dan manufaktur tanah air.

Manager Technical Service Department PT Mitutoyo Indonesia, Tri Yogo Prasetyo menyampaikan bahwa acara Olimpiade Metrologi yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional hari ini sungguh luar biasa dan penuh inspirasi.

Mitutoyo Indonesia merasa bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini, yang tak hanya mengedukasi, tetapi juga memotivasi generasi muda untuk mendalami ilmu metrologi, sebuah bidang yang sangat penting dalam memastikan kualitas dan presisi di berbagai industri.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara berkesinambungan supaya pengetahuan tentang metrologi lebih banyak lagi diketahui diseluruh Indonesia,” ujarnya.

Selamat untuk para juara!


Cikarang, Bekasi 21 Agustus 2024
Kontak Narahubung:
Metrolog Ahli Madya BSN
Nurlathifah
Email: nurlathifah@bsn.go.id 

Pranata Humas Ahli Muda
Arif Widyantoro
Email: arif.widyantoro@bsn.go.id 

Corporate Communications Executive
Kawan Lama Group
Kevin Purnama
Email: kevin.purnama@kawanlamacorp.com 

Manager Technical Service Department
PT Mitutoyo Indonesia
Benny Silalahi
Email: Benny_silalahi@mitutoyo.co.id