Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Inilah Para Juara Olimpiade Metrologi 2024 Kategori Universitas dan Politeknik!

  • Rabu, 21 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 415 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia menyelenggarakan Babak Final Olimpiade Metrologi 2024 untuk Kategori Universitas dan Politeknik pada Selasa (20/08/2024) di Showroom Kawan Lama Solution Cikarang, Bekasi. Sebelumnya pada 13/08/2024, telah dilaksanakan babak penyisihan Kategori Universitas dan Politeknik yang diikuti 92 mahasiswa dari 52 Universitas/Politeknik dari seluruh wilayah Indonesia.

Babak final yang diikuti oleh 16 mahasiswa berbakat ini dilangsungkan dalam bentuk uji praktik pengukuran benda kerja. Olimpiade Metrologi 2024 ini diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan World Metrology Day 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan mahasiswa berbakat kebanggaan Indonesia di bidang metrologi.

Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN, Wahyu Purbowasito dalam pembukaan Final Olimpiade Metrologi mengungkapkan bahwa untuk mencapai Indonesia Emas pada 2045, salah satu indikator keberhasilannya ialah daya saing negara.

“Tentunya daya saing itu bisa berupa daya saing produk, dan juga daya saing sumber daya manusianya,” kata Wahyu. Agar produk-produk Indonesia bisa bersaing, diperlukan peran ilmu pengukuran atau metrologi.

“Nilai kompetitif produk yang tinggi itu tidak akan terbentuk kalau kita tidak mempunyai suatu sistem pengukuran yang jelas,” kata Wahyu.

Tentu peningkatan daya saing produk ini harus sejalan dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang metrologi. “Maka BSN menggandeng PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia untuk membangun kompetensi mulai dari mahasiswa dari universitas maupun politeknik, sehingga punya skill yang mumpuni,” ujar Wahyu.

Harapannya, Olimpiade Metrologi ini dapat membangun branding metrologi lebih baik lagi di masyarakat. “Branding bahwa metrologi bukan ilmu yang meribetkan, tapi memang diperlukan di masa depan mendukung negara kita menuju Indonesia Emas,” kata Wahyu.

Pada akhirnya, akan banyak generasi muda yang lahir menjadi praktisi metrologi, dan mengisi kebutuhan pasar tenaga kerja di bidang metrologi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut dan menyerahkan hadiah, Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono; Product Director PT Kawan Lama Solusi, Vincent Mintarja; President Director Mitutoyo Indonesia, Hideaki Tone; serta Associate Product General Manager PT Kawan Lama Solusi, Edwin Pramono.

Adapun juara Olimpiade Metrologi 2024 kategori universitas dan politeknik adalah sebagai berikut:

  • Juara I : Rangga Aditya Sugiarto dari Politeknik ASTRA
  • Juara II : Baharudin Yusuf Muhammad dari Akademi Komunitas Toyota Indonesia
  • Juara III: Risma Meutia Putri dari Universitas Global Jakarta

Selamat kepada para juara!
(dnh/ria)


Galeri Foto:
Inilah Para Juara Olimpiade Metrologi 2024 Kategori Universitas dan Politeknik!