Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

MFDA Kunjungi BSN Untuk Sharing Penguatan Pengelolaan Codex

  • Senin, 29 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 106 kali

Setelah kunjungan pertama yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2024, MFDA Maldives kembali mengunjungi Badan Standardisasi Nasional (BSN). Kegiatan ini merupakan penutupan dari serangkaian kegiatan learning visit yang telah dilakukan Maldives selama 5 hari di Indonesia. Pada penutupan ini, MFDA Maldives berkesempatan untuk melakukan sharing informasi mengenai penanganan Codex di Maldives pada Jumat (26/07/2024) di kantor BSN, Jakarta.

Rombongan Maldives yang dipimpin oleh Deputy Director General MFDA, Satheesh Moosa menjelaskan bahwa selama kunjungan belajar ini banyak sekali pengalaman dan pemahaman yang didapatkan mengenai penanganan Codex, seperti pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan; peran setiap pemangku kepentingan yang ditetapkan dengan baik dalam memastikan keamanan pangan; kekuatan kapasitas pengujian pangan; otonomi dalam implementasi regulasi; koordinasi G to G untuk memastikan keamanan pangan dalam perdagangan; pentingnya tim khusus yang ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan codex; dan juga komitmen pemerintah dalam memastikan kesehatan warga negara dan memfasilitasi perdagangan.

Selain itu, di penghujung kegiatan, Tim Kerja Sama dari Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Kerja Sama BSN, turut hadir untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai peluang kolaborasi antara Indonesia dan Maldives di masa depan.

Harapannya, pengalaman yang telah didapat oleh rombongan MFDA ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas teknis staf MFDA, sehingga dapat meningkatkan sistem keamanan pangan lokal di Maldives. (hps/humas)