Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Kompetensi SDM ASN, BSN Gandeng PTB Helat Pembekalan Penguatan SPK

  • Senin, 29 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 225 kali

Demi meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Badan Standardisasi Nasional (BSN) di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) khususnya bagi generasi muda, BSN helat Pembekalan Penguatan SPK untuk Daya Saing Nasional pada Jumat (26/07/2024). Bertempat di Auditorium Mole, Gedung 2 BSN, Kompleks Sains dan Teknologi B.J. Habibie Serpong, acara ini menghadirkan Dr. Clemens Sanetra, Konsultan Ahli Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) yang merupakan lembaga metrologi nasional Jerman.

Dibuka oleh Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Termoelektrik dan Kimia, Ghufron Zaid, kegiatan ini di antaranya mengupas tiga pilar infrastruktur mutu yaitu standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi. Dari 3 pilar mutu diperlukan manajemen kualitas untuk memastikan penerapan standar mutu yang handal.

Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Clemens adalah pakar SPK di tingkat internasional dan telah banyak berkontribusi dalam penyusunan Undang-Undang (UU) SPK. “Di masa lalu, saya belajar banyak dari Clemens tentang SPK, dan hari ini saya harap rekan-rekan generasi muda BSN juga dapat mengambil banyak ilmu SPK dari Clemens dan PTB,” ujar Donny.

Di dalam kegiatan ini, Clemens menyampaikan banyak hal penting terkait SPK, di antaranya pentingnya infrastruktur mutu nasional berfungsi secara independen agar dapat berkontribusi ke perlindungan konsumen, permintaan pasar, dan inovasi industri. “Secara keseluruhan infrastruktur mutu nasional dapat berupa standardisasi, pengujian, metrologi, sertifikasi, dan akreditasi. Harapan pelanggan mendapatkan produk yang memenuhi standar kualitas yang baik dilihat dari proses produksi dan produk itu sendiri. Pembuktiannya dilakukan dengan sertifikasi, yang di dalamnya terdapat proses uji laboratorium, inspeksi, dan pengukuran yang memastikan bahwa produk telah memenuhi persyaratan standar,” pungkasnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan wawasan yang mendalam bagi seluruh generasi muda BSN agar memiliki pemahaman 3 pilar infrastruktur mutu yang tepat. Dengan demikian, pemahaman tersebut dapat menunjang peningkatan performa kinerja serta memberikan wadah untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh unit di BSN. (dnh)

 

Galeri Foto: Tingkatkan Kompetensi SDM ASN, BSN Gandeng PTB Helat Pembekalan Penguatan SPK