Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Sambut LPPOM MUI, Tingkatkan Potensi Lab Biologi Molekuler

  • Senin, 15 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 72 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) menerima kunjungan Laboratorium Biologi Molekuler Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) pada Kamis (11/07/24) di Gedung 1101 BSN, Kompleks Sains dan Teknologi B.J. Habibie, Serpong. Kehadiran Kepala Lab LPPOM-MUI, Heryani dan Tenaga Ahli Lab LPPOM-MUI, Priyo Wahyudi, disambut hangat oleh Kepala Lab SNSU Biologi, Umi Nuraeni; Metrolog Ahli Pertama Rosalin Damacena; serta Metrolog Ahli Pertama Muhammad Malhan Amin.

“Kami sangat senang dan berterima kasih atas kedatangan LPPOM-MUI di Lab SNSU BSN. Melalui pertemuan ini diharapkan kita dapat bersama-sama melihat potensi dari SNSU BSN dan LPPOM-MUI yang dapat dikembangkan bersama,” ujar Umi dalam sambutannya.

LPPOM-MUI berkunjung ke Lab SNSU BSN dengan membawa beberapa tujuan, di antaranya, bersinergi dalam mendukung pengujian molekuler di bidang halal dan keamanan pangan, serta menggali informasi dan wawasan terhadap pengembangan pengujian molekuler yang ada di Lab SNSU Biologi. Selain itu, LPPOM-MUI juga ingin menjalin hubungan kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Lab LPPOM-MUI dan Lab SNSU Biologi khususnya di bidang pengembangan dan pengujian molekuler untuk mendukung dan memperkuat regulasi yang ada.

Priyo mengungkapkan bahwa kompetensi awal LPPOM-MUI adalah lab pengujian kehalalan, kemudian terus berkembang hingga ke pengujian kehalalan kualitas. Namun, di era modern ini lab pengujian menghadapi tantangan yang semakin besar, terutama berkaitan dengan standar dan reference material (bahan acuan), sehingga Lab LPPOM-MUI merasa perlu belajar bersama dengan SNSU BSN.

“Semoga informasi dan updates yang kita pelajari hari ini dapat memperlengkap layanan pengujian di LPPOM-MUI untuk melayani kebutuhan pelaku usaha. Tantangannya tidak hanya pada pelaku industri besar, tetapi justru pada kebutuhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Agar dapat memberikan pengujian yang terjangkau,” pungkas Priyo.

Dalam kunjungan tersebut tim LPPOM-MUI juga diajak melihat langsung proses di Laboratorium Biologi dan Laboratorium Analisis Kimia Anorganik.(dnh)

Galeri foto: SNSU BSN Sambut LPPOM MUI, Tingkatkan Potensi Lab Biologi Molekuler