Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Tanda Tangani Pakta Integritas, Sudah WBK Siap WBBM

  • Jumat, 12 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 70 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan penandatanganan Pakta Integritas Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Jumat (5/7/24) di Auditorium Gedung 1101 BSN, Kompleks Sains dan Teknologi B.J. Habibie, Serpong. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Deputi Bidang SNSU BSN, Yustinus Kristianto Widiwardono ini dihadiri oleh Direktur dan seluruh Tim Kerja yang ada di Lingkungan Deputi SNSU BSN.

“Kita sudah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2022, artinya tidak ada korupsi di dalam pelayanan kita. Tapi itu tidak cukup. Sudah 2 tahun sejak kita memperoleh WBK, dan sekarang saatnya kita mulai melangkah ke Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Tidak cukup dengan bersih, tapi juga harus betul-betul melayani,” ujar Kristianto dalam sambutannya.

SNSU BSN melalui Direktorat SNSU Mekanika, Radiasi, dan Biologi (MRB) serta Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia (TK) telah berhasil meraih penghargaan ZI WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI pada tahun 2022.

Kristianto mengungkapkan bahwa implementasi WBBM akan diawali dengan komitmen yang merupakan hal terpenting dalam memberikan pelayanan yang bersih dan optimal. Selain itu SNSU BSN juga terus memberikan penghargaan kepada personil SNSU terbaik untuk terus mendorong semangat pelayanan di lingkup Deputi SNSU.

Penghargaan kepada personil terbaik SNSU dilakukan setiap tahun berdasarkan kriteria yang terdapat standar pelayanan. Penilaian dilakukan oleh masing-masing kepala laboratorium di lingkungan deputi bidang SNSU dan kepada pegawai dengan nilai tertinggi dari masing-masing direktorat akan diberikan penghargaan tersebut. Adapun pegawai yang menjadi Pegawai Deputi SNSU Terbaik Tahun 2023 adalah Bambang Laksono Putro dari Direktorat SNSU MRB dan Sri Ningsih Y Pakpahan dari Direktorat SNSU TK.

Pada kesempatan ini, SNSU BSN juga mengadakan perpisahan sederhana untuk salah satu pegawai Direktorat SNSU TK, Dedy Damhudi yang memasuki masa purnabakti. Kegiatan yang diawali dengan senam pagi bersama ini diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas Pembangunan ZI Menuju WBBM yang dilakukan oleh seluruh tim di lingkungan Deputi Bidang SNSU BSN.

Penganugerahan penghargaan untuk Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2021 – 2025 Pedoman Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi Nasional dalam rangka mewujudkan pelayanan publik prima dan pemerintahan berkelas dunia. (dnh)

 

Galeri foto: SNSU BSN Tanda Tangani Pakta Integritas, Sudah WBK Siap WBBM