Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Tingkatkan Pemahaman Personel Akreditasi tentang Dokumentasi KAN Termutakhir

  • Kamis, 14 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1356 kali

Menjelang Peer Evaluation APAC  yang akan diselenggarakan Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Kedeputian Bidang Akreditasi BSN dalam beberapa bulan ke depan, BSN terus meningkatkan kompetensi personel bidang akreditasi. Salah satunya, dengan meng-update pemahaman personel Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengenai Dokumentasi KAN melalui Sosialisasi Dokumentasi KAN Termutakhir yang dilaksanakan di Kantor BSN, Jakarta, pada Kamis (14/3/2024).

“Aturan-aturan KAN mengalami beberapa perubahan meski tidak terlalu banyak. Selama kita mengerjakan kegiatan sesuai dengan apa yang ada di dalam dokumentasi, sesuai prosedur dan aturan, kita akan baik-baik saja,” ungkap Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo dalam pembukaan acara.

Dokumentasi KAN Termutakhir yang dibahas dalam pertemuan ini, di antaranya tentang Manual KAN Rev-3, Prosedur Sistem Manajemen (PSM) Rev 1, Prosedur Proses Akreditasi (PPA) Rev 1, dan Prosedur Sumber Daya Manusia (PSDM) Rev 2.

“Beberapa hal sempat direvisi dalam beberapa bulan terakhir pada dokumen-dokumen ini dalam rangka memastikan apa yang ada di prosedur telah sesuai dengan apa yang tengah berjalan,” tutur Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Amar Bramantiyo saat menyampaikan materinya.

Dokumen-dokumen ini merupakan pembaruan dari dokumen sebelumnya, dengan beberapa perubahan. Misalnya, pada dokumen Manual KAN Rev 3, penggantian istilah pada beberapa jabatan disesuaikan dengan nomeklatur organisasi saat ini. Contoh perubahan lainnya, misalnya, pada dokumen Prosedur Sistem Manajemen (PSM) Rev. 1, yaitu perubahan pada mekanisme penanganan keluhan. (Put – Humas)

 

 

 

 




­