Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Menyambut UL, Bahas Potensi Pengembangan Standar Keselamatan dan Keamanan dan Sektor Prioritas Lainnya

  • Kamis, 29 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 2346 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan Underwriters Laboratories Standards & Engagement (ULSE) pada Selasa (27/02/2024) di Kantor Pusat BSN, Jakarta. Delegasi ULSE disambut oleh Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dan Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo, didampingi oleh Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Kerja Sama BSN, Anna Melianawati; Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno; serta perwakilan dari Deputi Pengembangan Standar juga Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN.

Kunjungan Regional Director ULSE, Kolin Low dan International Standards Specialist, Siying Lok, ke BSN ini bermaksud memperkenalkan kembali organisasi Underwriters Laboratories (UL) yang mengalami perubahan dengan brand baru mereka UL Standards & Engagement serta UL Research Institutes. ULSE merupakan organisasi pengembangan standar nirlaba global. ULSE memiliki pendekatan multidisiplin dalam pengembangan standar keselamatan, keamanan, dan keberlanjutan.

Kolin mengungkapkan, “Sejak standar pertama UL diterbitkan pada 1903, ULSE telah memastikan keandalan standar yang dipublikasikan serta menjaga kolaborasi dengan organisasi terkemuka di dunia untuk solusi yang aman dan andal bagi masyarakat global.”

Kemitraan antara BSN dan ULSE dimulai sejak tahun 2017 dengan penandatanganan nota kesepahaman di bidang pengembangan standar. Implementasi kerja sama ini telah menghasilkan beberapa kegiatan bersama berupa konferensi dan lokakarya. Capaian signifikan dari kerja sama ini adalah penetapan SNI UL 19, slang dan rakitan slang pemadam kebakaran, yang mengadopsi identik standar UL 19.

Dalam pertemuan ini, BSN dan ULSE mendiskusikan sejumlah ide dan gagasan untuk melanjutkan kolaborasi, terutama di sektor-sektor prioritas yaitu proteksi kebakaran, baterai, kendaraan listrik, dan ekonomi sirkular. Kedua organisasi menegaskan komitmen mereka untuk terus bekerja sama guna membangun standar global yang menjamin keselamatan, keamanan, dan keberlanjutan bagi masyarakat. (DN-humas)

 

Galeri foto: BSN Menyambut UL, Bahas Potensi Pengembangan Standar Keselamatan dan Keamanan dan Sektor Prioritas Lainnya