Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Siap-siap Perusahaan/Organisasi, BSN Akan Menggelar SNI Award 2024

  • Rabu, 28 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 1279 kali

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten serta berkelanjutan, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menyelenggarakan ajang penghargaan bergengsi, SNI Award 2024.

Sebagaimana transformasi dunia bisnis saat ini yang mengarah pada pentingnya faktor lingkungan, sosial dan tata kelola, maka Environmental, Social, and Governance (ESG) menjadi salah satu poin yang akan dinilai dalam SNI Award Tahun 2024.

“Organisasi yang menerapkan ESG, akan melakukan praktik bisnis, investasi, dan implementasi kebijakan yang selaras dengan keberlanjutan yang ditopang kerangka lingkungan, sosial dan tata kelola usaha,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo saat membuka acara Gathering SNI Award 2024 di Jakarta pada Rabu (28/02/2024).

Penghargaan tahunan yang telah berjalan sejak tahun 2005 ini menilai kinerja organisasi melalui evaluasi dokumen (Desk Evaluation) dan lapangan (Site Evaluation). Dengan Tim Evaluator dan Dewan Juri yang profesional serta kompeten di bidangnya masing-masing, diharapkan hasil penilaian SNI Award bisa menjadi umpan balik bagi organisasi peserta dalam meningkatkan kinerja.

SNI Award memiliki pendekatan yang unik dalam penilaiannya. SNI Award mengajak peserta untuk menilai dirinya sendiri terlebih dahulu. Pendekatan proaktif dari peserta untuk self-assessment dilakukan dengan berbasis 7 kriteria SNI Award yaitu kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasi (proses bisnis), analisis dan peningkatan kinerja, serta hasil bisnis.

“7 Kriteria tersebut dikembangkan berdasarkan pendekatan kerangka kerja Malcolm Baldridge, SNI ISO 9004:2018 Manajemen mutu — Mutu organisasi — Panduan mencapai sukses berkelanjutan, serta sistem penilaian kinerja yang lain,” pungkas Hendro Kusumo.

SNI Award memberikan benefit bagi organisasi yang pernah meraihnya, sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati, bahwa para penerima SNI Award bisa menjadi role model bagi perusahaan dan organisasi lainnya untuk dapat meningkatkan kualitas produk maupun layanan melalui penerapan SNI.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri SNI Award 2024, Hariyadi B. Sukamdani menyampaikan bahwa SNI Award menjadi landasan program peningkatan kinerja organisasi dalam rangka meningkatkan daya saing nasional. SNI Award dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan marketing usaha, sehingga tercipta peningkatan citra di masyarakat sekaligus kredibilitas usaha.

Sebagai informasi, SNI Award 2024 dengan tema Mewujudkan Kinerja Unggul dan Berkelanjutan Organisasi dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Nasional ini, dibuka pendaftarannya melalui tautan berikut: https://s.id/SNIAWARD2024. Peserta yang sudah mendaftar akan diundang dalam bimbingan teknis sesuai kategori. Batas akhir pendaftaran sampai dengan tanggal 31 Maret 2024. (PjA – Humas/Red: DNW/Arf – Humas)

 

Galeri Foto: Siap-siap Perusahaan/Organisasi, BSN Akan Menggelar SNI Award 2024