Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Dukung Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Laboratorium Kalibrasi

  • Selasa, 06 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 1467 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyambut kunjungan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) pada Senin (5/2/2024) di Gedung Laboratorium SNSU BSN, Serpong. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan audiensi dan benchmarking guna peningkatan kompetensi laboratorium kalibrasi di Pupuk Kaltim.

Kegiatan benchmarking dilakukan di laboratorium kalibrasi massa terkait flowmeter, laboratorium kimia terkait Certified Reference Material (CRM), serta penyediaan bahan uji profisiensi (UP). Pupuk Kaltim juga tertarik melakukan benchmarking penyelenggaraan layanan SNSU BSN dan penerapan sistem manajemen laboratorium SNI ISO/IEC 17025 dan SNI ISO 17034 yang telah diterapkan di Laboratorium SNSU BSN.

Ketua Tim Kerja SNSU Kimia, Dyah Setyarini, membuka pertemuan dengan memaparkan profil SNSU Kimia. Selanjutnya, Chairunnisa selaku Vice President Laboratorium Pupuk Kaltim menyampaikan maksud kedatangan timnya. Pertemuan juga dihadiri oleh Christine Elishian, Harry Budiman, Ayu Hindayani, dan Amalia Safira dari BSN; serta Lossi Hotmaida dan Bambang Hidayat dari Laboratorium Pupuk Kaltim.

Selama kunjungan, Pupuk Kaltim berkesempatan melihat fasilitas kalibrasi yang dimiliki Laboratorium SNSU Kimia dan berdiskusi tentang pembuatan bahan UP dan CRM. Kunjungan dilanjutkan dengan melihat fasilitas kalibrasi flowmeter di laboratorium massa dan ditutup dengan diskusi mengenai pengelolaan sistem manajemen laboratorium dan pelayanan publik SNSU bersama Melati dan Nurlathifah dari Tim Sistu dan Tim Pelayanan Publik SNSU BSN.

BSN memberikan sambutan baik terhadap keinginan Pupuk Kaltim untuk melakukan peningkatan kompetensi laboratorium kalibrasi yang dimilikinya. Dukungan ini diharapkan dapat semakin memperkuat infrastruktur mutu di Indonesia dengan lebih banyak laboratorium kalibrasi yang kompeten. (david-humas)

 

Galeri foto: SNSU BSN Dukung Pupuk Kaltim Untuk Tingkatkan Kompetensi Laboratorium Kalibrasi