Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium SNSU Kimia Selenggarakan FGD Panduan Pemilihan dan Penggunaan Bahan Acuan

  • Selasa, 28 November 2023
  • Humas BSN
  • 753 kali

Kedeputian Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Laboratorium SNSU Kimia menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Panduan Pemilihan dan Penggunaan Bahan Acuan pada Jumat (24/11/2023) secara hibrid dari Gedung 2 BSN Serpong, Tangerang Selatan.

FGD ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menggali informasi yang mendalam terkait pemilihan dan penggunaan bahan acuan bagi pengguna baik dari laboratorium, lembaga akreditasi dan juga lembaga sertifikasi.

Pada FGD ini, beberapa ahli hadir untuk memberikan pandangan, masukan, dan sarannya, yaitu Asesor Komite Akreditas Nasional (KAN) Julia Kantasubrata; Asesor KAN dari Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBSPJIA) Yusmaria Novelina S.; Asesor KAN dari Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan (PPPOMN) Tanti Yulianti; dan Metrolog Ahli Utama SNSU-BSN Hastori.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid mengatakan, selain penyediaan bahan acuan tersertifikasi sebagai tugas dari Lab SNSU Kimia dalam menyediakan ketertelusuran pengukuran kimia di Indonesia, penyusunan dan penyampaian panduan teknis terkait pemilihan dan penggunaan bahan acuan menjadi sangat penting bagi laboratorium pengujian.

“Dengan kegiatan FGD ini diharapkan banyak mendapatkan masukan dari para ahli terkait  rancangan panduan sehingga panduan ini dapat diterapkan dan  bermanfaat  untuk peningkatan kompetensi  lab pengujian dan pada akhirnya dapat menjamin keakuratan hasil pengujian dari lab-lab pengujian,” ujar Ghufron.

Dengan adanya FGD ini, harapannya dapat menyempurnakan dan memperkaya substansi dari panduan Pemilihan dan Penggunaan Bahan Acuan yang disusun sehingga memberikan kemudahan dan pemahaman yang komprehensif bagi pengguna untuk mempelajari Bahan Acuan. (snsu/red:ria-humas)