Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Council: Personel BSN Menjabat Ketua CCA di SMIIC, hingga Peringatan BMN

  • Rabu, 22 November 2023
  • Humas BSN
  • 2252 kali

Komite Akreditasi Nasional (KAN) melangsungkan Rapat KAN Council November 2023 di Kantor Badan Standardisasi Nasional (BSN), Mampang, Jakarta pada Rabu (22/11/2023). Rapat KAN Council merupakan forum untuk membahas keputusan bagi LPK yang mengajukan akreditasi kepada KAN. Rapat dipimpin oleh Kepala BSN selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad dan dihadiri anggota KAN Council yang mewakili pemangku kepentingan, seperti pemerintah, industri, asosiasi, profesional, maupun akademisi.

Pada pembukaan rapat, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyampaikan bahwa BSN baru-baru ini menghadiri Standard and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC) General Assembly di Mekkah, Arab Saudi. SMIIC merupakan organisasi kerjasama badan standar negara-negara anggota Organization Islamic Cooperation (OIC/OKI) yang memiliki 47 negara anggota. Pertemuan tersebut membahas beberapa agenda, seperti penyusunan standar SMIIC terutama standar halal, serta agenda-agenda akreditasi dan metrologi.

“SMIIC sendiri membawahi Committee for Conformity Assessment (CCA) dimana pada tahun ini CCA diketuai oleh Personel dari BSN, yaitu Ketua Tim Kerja Sistem dan Harmonisasi Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Dohana Viskhurin Femina,” ungkap Kukuh.

Di sela-sela pertemuan tersebut, terselenggara pula Islamic Forum for Halal Accreditation Body (IFHAB) General Assembly, yang merupakan forum badan akreditasi bidang halal khusus organisasi negara-negara anggota OKI. Adapun status Indonesia di IFHAB saat ini sebagai Observer.

Dalam Rapat KAN Council, Kukuh juga menyampaikan bahwa perwakilan BSN hadir pada kegiatan Halal 20 (H20) di Jakarta baru-baru ini yang diselenggarakan oleh BPJPH. Beberapa pengaturan di dalam UU 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal telah direvisi melalui UUCK dan  BSN serta KAN tidak lagi mempunyai tanggung jawab langsung terhadap pengoperasian tata kelola halal di Indonesia. “Namun demikian, BSN dan KAN terus berbagi pengalaman panjangnya dalam menyusun Standar Nasional Indonesia (SNI), pengalaman dalam menyusun dan mengoperasikan skema akreditasi dan sertifikasi, pengalaman dalam melakukan kajian sebelum melakukan MRA dengan negara lain, dan lain-lain kepada BPJPH,” jelas Kukuh.

BSN juga baru saja melaksanakan peringatan Bulan Mutu Nasional (BMN) 2023 pada 15-16/11/2023 dan menutup puncaknya dengan SNI Award 2023. “Bulan Mutu Nasional dan SNI Award tujuannya untuk terus memberikan semangat kepada pemangku kepentingan agar semakin menyadari bahwa penerapan standar memang penting,” ungkap Kukuh.

Agenda utama pada Rapat KAN Council ini membahas keputusan status akreditasi kepada 23 LPK yang mengajukan secara manual maupun melalui KAN MIS. (Put-Humas)

 

Galeri Foto: Rapat KAN Council: Personel BSN Menjabat Ketua CCA di SMIIC, hingga Peringatan BMN