Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN Riau Dorong Peningkatan Mutu Produk dengan SNI Bina UMK

  • Selasa, 24 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1149 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berupaya untuk meningkatkan mutu produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, diantaranya dengan mempermudah UMKM untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) melalui program SNI Bina UMK.

Guna menjalankan upaya dimaksud, Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Riau bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program SNI Bina UMK, pada Selasa (17/10/2023) yang bertempat di Gedung PLUT KUMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 100 UMKM Binaan PLUT Sumatera Barat yang memproduksi produk dengan kategori risiko rendah, untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimulai dengan mengikuti Program SNI Bina UMK.

Program ini merupakan tahap awal bagi UMKM untuk mendapatkan bimbingan penerapan SNI secara mudah dan efisien, sekaligus menyiapkan UMKM untuk menerapkan SNI secara utuh.

“Tanda SNI bina UMK diberikan secara gratis kepada UMKM dengan kategori Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) risiko rendah, bukan SNI wajib, dan termasuk pelaku usaha Mikro dan Kecil,” jelas Perwakilan KLT BSN Riau, Refiano Andores.

Program SNI Bina UMK yang digulirkan oleh BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) ini, sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha termasuk UMKM, terutama melalui peranan pentingnya dalam memberikan pembinaan juga pendampingan penerapan SNI kepada UMKM, bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait, juga Pemerintah Daerah.

Dengan adanya Program SNI Bina UMK ini, diharapkan para pelaku usaha dapat menghasilkan produk-produk yang sesuai standar, sebagaimana yang disampaikan oleh Konsultan Produksi PLUT Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (KUKM) Sumatera Barat, Violita Kresna Wuri, “Penerapan SNI bina UMK sangat berperan untuk menjaga konsistensi mutu produk”.

Diharapkan, lanjutnya, setelah kegiatan tersebut akan semakin banyak pelaku usaha termasuk UMKM yang mendapatkan manfaat dari penggunaan logo SNI bina UMK di kemasan produknya.

Sementara itu, Sosialisasi SNI Bina UMK dilakukan di 8 PLUT yang tersebar mulai dari Riau, Padang, Prabumulih, Jogja, Bandung, Semarang, Malang, dan Makassar. (KLT BSN Riau/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: KLT BSN Riau Dorong Peningkatan Mutu Produk dengan SNI Bina UMK