Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN Riau Dorong Peningkatan Mutu Produk dengan SNI Bina UMK

  • Selasa, 24 Oktober 2023
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berupaya untuk meningkatkan mutu produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, diantaranya dengan mempermudah UMKM untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) melalui program SNI Bina UMK.

Guna menjalankan upaya dimaksud, Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Riau bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program SNI Bina UMK, pada Selasa (17/10/2023) yang bertempat di Gedung PLUT KUMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 100 UMKM Binaan PLUT Sumatera Barat yang memproduksi produk dengan kategori risiko rendah, untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimulai dengan mengikuti Program SNI Bina UMK.

Program ini merupakan tahap awal bagi UMKM untuk mendapatkan bimbingan penerapan SNI secara mudah dan efisien.

Tanda SNI bina UMK diberikan secara gratis kepada UMKM dengan kategori Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) risiko rendah, bukan SNI wajib.

Program SNI Bina UMK yang digulirkan oleh BSN, sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha termasuk UMKM, terutama dalam pembinaan juga pendampingan penerapan SNI.

­