Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Project ARISE+: Menguatkan Standar Nasional Satuan Ukuran Melalui Kolaborasi SNSU BSN, Arise+, dan PT Mutu International

  • Kamis, 24 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 569 kali


Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Y. Kristianto Widiwardono, memimpin pertemuan yang digelar di ruang rapat sekon, gedung 420 BSN Serpong pada Rabu, 23 Agustus 2023. Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelunya yang menjadi forum untuk membahas kolaborasi antara SNSU BSN dengan Arise+ dan PT Mutu International. Kolaborasi ketiga pihak ini tergabung dalam Project ARISE+ “Strengthening BSN Capability To Deliver Conformity Assessment Services In The Field Of Calibration And Reference Materials”.  Dalam pertemuan ini dibahas beberapa kegiatan proyek kerja sama. Antara lain, membahas progres pelaksanaan pelatihan yang telah berlangsung bagi ASN di lingkungan SNSU BSN, serta peninjauan kebutuhan laboratorium kalibrasi berdasarkan lingkupnya, dan analisis sektor melalui survei terhadap pelaku/UMKM. 

Proyek ini mengusung misi untuk memperkuat standar nasional dalam satuan ukuran di Indonesia, khususnya dalam memberikan layanan kalibrasi. Dengan proyek kolaborasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN di lingkungan SNSU BSN. Selain itu, dengan survei yang akan dilakukan, diharapkan dapat memberikan pandangan mendalam terkait kebutuhan laboratorium kalibrasi dan tren sektor pelaku/UMKM. Dengan demikian, proyek kerja sama ini dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam pengembangan dan peningkatan kualitas industri di tanah air.

Pertemuan dan kolaborasi ini membuktikan komitmen dari SNSU BSN, Arise+ dan PT Mutu International dalam bekerja sama demi mencapai tujuan bersama dalam bidang standar nasional satuan ukuran serta peningkatan kualitas pelayanan kalibrasi bagi industri di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Deputi SNSU BSN didampingi oleh Direktur SNSU MRB BSN - Wahyu Purbowasito, Direktur SNSU TK BSN - Ghufron Zaid. Turut hadir pula Irham Budiman selaku Direktur Operasional Mutu International serta Alain Payre sebagai Senior Consultant Arise+. Selain itu, Ketua Tim Kerja Lab SNSU BSN dan perwakilan dari PT Mutu International juga mengikuti pertemuan dan diskusi ini. (Reza - Humas)




­