Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Jelaskan Peran Penting Perpustakaan dalam Menyebarkan Informasi SNI di Universitas Jember

  • Rabu, 21 Juni 2023
  • 1274 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama UPA Perpustakaan Universitas Jember menggelar Seminar Peran Standardisasi dalam Bisnis dan Peningkatan Mutu Output Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan secara hibryd pada Selasa (20/6/2023), di Gedung Soerachman, Universitas Jember, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri menjelaskan manfaat standar bagi kehidupan diantaranya memberikan perlindungan mulai dari mutu, kesehatan, lingkungan, juga untuk meningkatkan daya saing. Zul Amri juga menyampaikan bahwa melalui hadirnya Standar Nasional Indonesia (SNI) Corner di Perpustakaan Universitas Jember, diharapkan dapat membantu menjelaskan tentang SNI kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat di Kota Jember.

Wakil Rektor 1 Universitas Jember, Slamin yang hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara, menyebutkan bahwa standar bisa memfasilitasi interprobabilitas mutu output pendidikan yang meliputi input - proses - output. Selanjutnya Slamin memberikan semangat kepada peserta seminar terkait perpustakaan sebagai jendela dunia yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan metode yang kekinian perpustakaan Universitas Jember telah menyediakan co-working space bagi civitas akademi agar bisa belajar dan berinteraksi dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala UPA Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti melaporkan bahwasannya peran standar itu sangat penting bagi prinsip kerja yang dilakukan menjadi jaminan untuk pelanggan kami. Harapannya karya intelektual dari dosen dan mahasiswa bisa terekam dan tersebar secara masif.

Sebagai Pemateri, Ketua Tim Kerja Bidang Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin menginformasikan mengenai beberapa sumber informasi asing yang biasanya sering diakses pengguna. Awareness di tataran pendidikan tinggi harus ditingkatkan karena merupakan bagian dari corong pembelajar ilmiah setelah lulus dari kampusnya. Minan juga menjelaskan standar terkait pedoman penilaian dampak perpustakaan.

Diakhir sesi, Puskatawan Ahli Muda BSN, Farida Pari yang juga menjadi pemateri memaparkan mengenai sumber-sumber informasi terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian yang ada di portalsnicorner.bsn.go.id.

Seminar yang dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta perwakilan dinas di Kota Jember tersebut berlangsung dengan interaktif. Para peserta antusias dalam mengikuti seminar dan menjawab quis-quis yang diberikan oleh panitia. (Ri, Bi, Dai/Red: Arf)




­