Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Gelar Kolokium Bersama LNE France

  • Sabtu, 17 Juni 2023
  • 302 kali

Dalam rangka memperkuat pengembangan metrologi nasional, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) menyelenggarakan kolokium bersama Laboratorium Metrologi dan Pengujian Nasional Perancis (LNE France) di Laboratorium SNSU BSN, Serpong pada Jumat (16/6/2023).

Kolokium ini menghadirkan Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono dan Direktur Utama LNE France, Thomas Grenon sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini, Kristianto menjelaskan berbagai layanan yang dimiliki SNSU BSN. Adapun Grenon memaparkan tugas dan fungsi LNE selaku Lembaga Metrologi Nasional (National Metrologi Institute) Perancis.

"Kami telah meraih 146 CMCs, semoga akan bertambah dalam waktu dekat. Adapun 383 skema layanan kami telah diakui secara nasional, melalui akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN)", ujarnya.

Kristianto menjelaskan, dalam upaya mendukung infrastruktur mutu nasional, sejak tahun 2020, SNSU BSN telah menyusun 22 dokumen panduan kalibrasi dan pengukuran, dengan rincian 8 dokumen terkait pengukuran panjang, 4 dokumen terkait pengukuran massa, 1 dokumen tentang akustik dan getaran, 3 dokumen tentang fotometri dan radiometri, 3 dokumen tentang kelistrikan dan frekuensi waktu, serta 3 dokumen tentang suhu.

Grenon menerangkan, LNE France merupakan Lembaga Metrologi Nasional Perancis, yang bertugas untuk mengkoordinasikan Jaringan Metrologi Nasional Perancis (RNMF). Terdapat 10 laboratorium dalam jaringan RNMF, dengan masing-masing memiliki satu atau lebih layanan.

Grenon menuturkan, LNE telah diakreditasi oleh COFRAC untuk memastikan kompetensi layanan kalibrasi, pengujian, serta sertifikasi sistem manajemen dan produk.

"Untuk menjaga ketertelusuran dan pengakuan kompetensi masing-masing laboratorium, kami bertanggung jawab untuk mengkoordinir laboratorium-laboratorium tersebut agar memiliki layanan yang berbeda satu sama lain," pungkas Grenon. (ald-Humas)

 

Galeri foto: https://bsn.go.id/main/galeri/detail/5477/snsu-bsn-gelar-kolokium-bersama-lne-france 




­