Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

LPK Meriahkan FIMN 2023

  • Kamis, 15 Juni 2023
  • 840 kali

Kemeriahan Festival Infrastruktur Mutu Nasional (FIMN) 2023 terus berlanjut, kali ini tidak kurang dari 20 Lembaga Penilai Kesesuaian (LPK) terdiri dari Lembaga Penyedia Peralatan dan Bahan Laboratorium Pendukung Akreditasi, Kementerian Lembaga serta Lembaga Penilai Kesesuaian yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) turut serta memeriahkan event yang berlangsung dari tanggal 14-15 Juni 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Berbagai inovasi terbaru dan terbaik di dunia laboratorium menjadi ajang promosi guna meningkatkan daya saing pembangunan infrastruktur mutu yang strategis.

Menjadi peserta pada pameran tersebut, BSN-KAN menampilkan berbagai bahan pameran tentang layanan informasi layanan akreditasi laboratorium, lembaga inspeksi dan verifikasi/validasi, penyelenggara uji profisiensi, produsen bahan acuan, sistem manajemen, sertifikasi person, sertifikasi produk, proses, dan jasa, serta sertifikasi pembangunan berkelanjutan, tidak lupa dalam booth BSN-KAN juga menyediakan konsultasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pada kesempatan ini, pemandu booth BSN juga mengarahkan kepada pengunjung yang ingin mendapatkan informasi lengkap tentang KAN atau Penilaian Kesesuaian, untuk mengunjungi website KAN (kan.or.id). Adapun, untuk layanan pendaftaran akreditasi KAN, masyarakat dapat mengakses website: layanan.kan.or.id.

Saat ini, Indonesia memiliki 2.181 Lembaga Penilai Kesesuaian yang tersebar di seluruh Indonesia, melalui KAN, Indonesia memiliki 16 Skema Pengakuan Internasional, serta memiliki tenaga Asesor yang ahli di bidangnya sebanyak 769 orang.

Akreditasi bersama dengan standardisasi, metrologi dan penilaian kesesuaian, merupakan infrastruktur mutu yang penting dalam memfasilitasi perdagangan, meningkatkan jaminan mutu, serta perlindungan konsumen dan lingkungan hidup. (awg/foto: reza)




­