Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Produk UMKM Ber-SNI Hadir di FIMN 2023

  • Rabu, 14 Juni 2023
  • 893 kali

Aneka produk unggulan UMKM ber-Standar Nasional Indonesia (SNI), hadir di Festival Infrastruktur Mutu Nasional (FIMN) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten pada Rabu - Kamis, 14 – 15 Juni 2023. Expo yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) ini menjadi Ajang promosi barang dan jasa ber-SNI yang dihasilkan industri dan UKM. FIMN 2023 diharapkan dalam meningkatkan daya saing dengan pembangunan infrastruktur mutu yang sinergis.

Melalui FIMN 2023, BSN tidak hanya menghadirkan role model UMKM penerap SNI yang sudah dibina, namun juga beberapa pameran lain yang diisi oleh Penyedia Peralatan dan Bahan Laboratorium Pendukung Akreditasi, Pameran Lembaga Penilai Kesesuaian (LPK) yang sudah Terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. BSN terus melakukan kegiatan pembinaan kepada UKM. Di pameran ini, BSN membuka gerai yang menyediakan klinik standardisasi dan penilaian kesesuaian. Produk-produk ber-SNI berasal dari UMKM binaan BSN, diantaranya adalah:

  1. Tatuis Cahaya Internasional (Mukenah dari Bogor)
  2. Cemplik Underwear dari Cirebon (Celana Dalam Wanita)
  3. Mie Organik LHB dari Riau (SNI Sistem Pertanian Organik)
  4. IGM Teknik Utama dari Palembang (Carbon Cleaner)
  5. CV Naya Abimantrana dari Sidoarjo (Pakaian Bayi)
  6. CV Forest Coffee dari Pinrang Sulawesi Selatan
  7. CV Bachiss Keripik Pisang dari Pinrang Sulawesi Selatan
  8. CV Putri Intan Kencana dari Kuningan (Jeruk Nipis Cair Kemasan)
  9. Sari Rasa dari Blitar (Bumbu Pecel)
  10. Bonsuka dari Bandung (Mainan Anak)

Ditemui pada saat kunjungannya di gerai pameran, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyebut, hingga saat ini, BSN telah melakukan pembinaan terhadap lebih dari 1000 UMKM untuk meraih SNI. Upaya tersebut juga dilakukan melalui 5 Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN di Palembang (Sumatra Selatan), Pekanbaru (Riau), Makassar (Sulawesi Tengah), Surabaya (Jawa Timur), dan Bandung (Jawa Barat). (awg/foto: reza)

 




­