Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIARAN PERS: Sinergi Pembangunan Infrastruktur Mutu Melalui Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2023

  • Rabu, 14 Juni 2023
  • 929 kali

SIARAN PERS

BADAN STANDARDISASI NASIONAL

No. 169/BSN/B3-b3/06/2023

Sinergi Pembangunan Infrastruktur Mutu Melalui Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2023

 

Mutu dipandang sebagai nilai tertinggi dari suatu produk atau jasa. Produk atau jasa dapat dikatakan bermutu apabila telah memenuhi persyaratan, kriteria, atau spesifikasi yang telah ditetapkan dalam standar. Mutu juga menjadi salah satu persyaratan suatu produk atau jasa dapat diterima di pasar global. Untuk itu, diperlukan upaya holistik oleh pemerintah bersama masyarakat dalam meningkatkan mutu dengan pembangunan infrastruktur mutu yang sinergis.

Sebagai upaya pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya infrastruktur mutu (metrologi, standar, dan akreditasi) serta perannya dalam mendukung peningkatan daya saing Indonesia di pasar global, serta merepresentasikan ekosistem infrastruktur mutu di Indonesia Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Festival Infrastruktur Mutu Nasional (FIMN) tahun 2023 pada Rabu-Jumat (14-16 Juni 2023) di ICE BSD, Tangerang. Festival ini mengangkat serangkaian kegiatan melalui tema “Sinergi Metrologi, Standar, dan Akreditasi untuk Peningkatan Daya Saing Indonesia”.

Festival Infrastruktur Mutu Nasional Tahun 2023 dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Kepala BSN, Kukuh S. Achmad.

“Infrastruktur mutu yang terdiri dari Standardisasi, Penilaian Kesesuaian dan Metrologi merupakan salah satu alat untuk mendukung target-target yang telah ditetapkan dalam mengintegritaskan kebijakan, strategi dan perencanaan nasional untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam menghadapi perdagangan global, hal tersebut sesuai Nawacita Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat membuka dan memberikan sambutan Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2023.

Festival ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Metrologi Dunia yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, Hari Keamanan Pangan Dunia yang diperingati setiap tanggal 7 Juni, dan Hari Akreditasi Dunia yang diperingati setiap tanggal 9 Juni.

Terselenggaranya festival ini selaras dengan tugas BSN dalam penguatan pengelolaan infrastruktur mutu nasional, seperti metrologi (standar nasional satuan ukuran, laboratorium kalibrasi, dan lain-lain), infrastruktur standardisasi (SNI, Komite Teknis penyusun SNI, dan lain-lain), serta infrastruktur akreditasi (KAN, laboratorium, lembaga inspeksi, lembaga sertifikasi, dan lain-lain) untuk mendukung perlindungan konsumen serta peningkatan daya saing nasional.

“Sesuai Amanat UU No 20 tahun 2014 dan PP 34 tahun 2018, Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dirumuskan untuk tujuan pemenuhan infrastruktur mutu nasional dalam meningkatkan jaminan mutu, perlindungan konsumen, serta memfasilitasi perdagangan yang efisien baik dalam negeri maupun luar negeri,” ungkap Kukuh saat pembukaan Festival.

Beberapa rangkaian kegiatan dalam FIMN 2023 di antaranya Temu Nasional Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (14/6/2023); Pameran Dalam Rangka Festival Infrastruktur Mutu Nasional oleh Rumah Mutu (14-15/6/2023); Pertemuan Teknis Laboratorium, Penyelenggara Uji Profisiensi, dan Produsen Bahan Acuan (15/6/2023); Pertemuan Teknis Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi (15/6/2023); Pelatihan Teknis Standardisasi dan Penilaian kesesuaian (15-16/6/2023); Seminar Hari Metrologi Dunia Tahun 2023 (15/6/2023); Seminar Peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia Tahun 2023 dan Perayaan 60 Tahun CODEX Alimentarius Commission (16/6/2023).

 

Temu Nasional Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian

Sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan Festival Infrastruktur Mutu Nasional diawali dengan diselenggarakannya acara Temu Nasional Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian yang mengusung tema “Sinergi Metrologi, Standar, dan Akreditasi untuk Peningkatan Daya Saing Indonesia” pada Rabu (14/6/2023). Acara ini dihadiri 2000 peserta dari para pemangku kepentingan BSN dan KAN seperti kementrian/Lembaga Pemerintah, pelaku usaha termasuk usaha menengah kecil (UMK), Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang telah terakreditasi oleh KAN, Komite Teknis, Asesor dan Panitia Teknis, Masyarakat Standardisasi, Masyarakat Metrologi Indonesia, kalangan akademisi, mahasiswa/pelajar dan masyarakat umum.

 

SNSU dan Hari Metrologi Dunia

Hari Metrologi Dunia (World Metrology Day) diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Mei, untuk memperingati penandatanganan Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari 17 negara. Melalui konvensi ini, berkembang standar satuan internasional, yang diakui dan digunakan oleh seluruh negara di dunia, yang menjadi dasar bagi pengukuran baik untuk kepentingan transaksi perdagangan, industri, kesehatan, hingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam rangka perayaan Hari Metrologi Dunia, SNSU BSN menyelenggarakan Seminar dengan tema “Metrologi dalam Mendukung Pangan yang Aman” pada Kamis (15/6/2023) yang dihadiri oleh 200 peserta, baik dari Masyarakat Metrologi Indonesia (MMI), Laboratorium/Penyelenggara Uji Profisiensi/ Produsen Bahan Acuan/Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi serta kalangan akademisi.

Dalam bidang pengukuran, 7 besaran pokok di Indonesia seperti massa, panjang, suhu, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat diharuskan untuk dapat tertelusur ke dalam Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU). Pengelola SNSU, dalam hal ini BSN, berkewajiban memastikan ketertelusuran SNSU ke standar ukuran internasional.

Hingga akhir 2022, tercatat 146 kemampuan pengukuran nasional Indonesia telah diakui secara internasional melalui Comité International Des Poids et Mesures (CIPM) – Mutual Recognition Arrangement.

Adapun, 9 Laboratorium layanan yang tersedia di SNSU BSN, antara lain: Laboratorium Massa, Laboratorium Panjang, Laboratorium Akustik dan Vibrasi, Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fotometri dan Radiometri, Laboratorium Suhu, Laboratorium Waktu, Laboratorium kelistrikan.

Fokus layanan SNSU adalah kepada Laboratorium Kalibrasi. Hingga kini, SNSU BSN telah memiliki lebih dari 500 stakeholder, yang sebagian besar merupakan Laboratorium Kalibrasi.

 

BSN dan Hari Keamanan Pangan Dunia

Dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Dunia (World Food Safety Day) yang diperingati setiap tanggal 7 Juni, pada rangkaian FIMN, BSN juga menghadirkan seminar Peringatan Hari Kemanan Pangan Dunia Tahun 2023 dan Perayaan 60 Tahun CODEX Alimentarius Commission (CAC) pada Jumat (16/5/2023), dengan mengangkat tema “Standar Pangan Menyelamatkan Kehidupan dan Perannya dalam Menurunkan Stunting”. Seminar ini dihadiri oleh 200 peserta dari kalangan Kementerian/Lembaga, industri/asosiasi, akademisi, organisasi, anggota komite nasional maupun komite teknis, serta masyarakat umum. 

CAC merupakan badan internasional di bawah FAO dan WHO yang bertugas menangani standar pangan internasional. CAC hadir untuk melindungi kesehatan konsumen dan memfasilitasi praktik perdagangan yang fair. Dalam CAC, BSN berperan sebagai CAC contact point dan sekretariat CAC Indonesia. BSN telah memanfaatkan standar CAC sebagai referensi maupun untuk diadopsi menjadi SNI.

 

KAN dan Hari Akreditasi Dunia 

Dalam rangka memperingati Hari Akreditasi Dunia (World Accreditation Day) yang diperingati setiap tanggal 9 Juni, selain menyelenggarakan Temu Nasional Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian yang dihadiri 2000 perwakilan Lembaga Penilaian Kesesuaian dari seluruh Indonesia pada Selasa (14/6/2023), KAN juga menyelenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium, Penyelenggara Uji Profisiensi, dan Produsen Bahan Acuan dengan tema “Akreditasi Mendukung Perdagangan Global dan Meningkatkan Mutu Produk Nasional Melalui Laboratorium yang Kompeten”,  yang akan dihadiri 800 peserta pada Kamis (15/6/2023); dan Pertemuan Teknis Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi dengan tema “Akreditasi dan Sertifikasi Mendorong Produk Lokal yang Berdaya Saing Global dan Berkelanjutan.” Pertemuan ini akan dihadiri 400 peserta perwakilan dari Lembaga Penilaian Kesesuaian pada Kamis (15/6/2023).

“Sejauh ini, KAN telah mengoperasikan 35 skema akreditasi untuk Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), yang mencakup skema akreditasi untuk laboratorium, lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, dan lembaga validasi/verifikasi. Hingga Mei 2023, KAN telah mengakreditasi sejumlah 2.977 LPK di seluruh Indonesia dimana LPK terakreditasi aktif berjumlah 2.233,” terang Kukuh.

Secara internasional, KAN telah memperoleh pengakuan melalui organisasi International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC), International Accreditation Forum (IAF) dan Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) untuk 18 skema akreditasi, di antaranya, untuk Laboratorium Pengujian, Laboratorium Kalibrasi, Laboratorium Medik, Penyelenggara Uji Profisiensi, Lembaga Inspeksi, Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Lingkungan, Sertifikasi Produk, Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Sertifikasi Person, Sistem Manajemen Energi, Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Sistem Manajemen Keamanan Pangan FSSC, Verifikasi dan Validasi Gas Rumah Kaca, Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Verifikasi dan Validasi ISO 17029, serta Verifikasi dan Validasi Informasi Lingkungan.

 

Pelatihan Teknis Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian

Selain pelatihan teknis yang rutin yang diselenggarakan oleh BSN setiap tahunnya, turut memeriahkan kegiatan FIMN ini dengan adanya kegiatan pelatihan teknis dan penilaian kesesuaian yang diikuti oleh 280 peserta yang sebagian besar berasal dari LPK maupun umum yang membutuhkan pelatihan terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian pada Kamis – Jumat (15-16/6/2023).

 

Pameran FIMN 2023

Rangkaian FIMN juga menghadirkan pameran Festival Infrastruktur Mutu Nasional oleh Rumah Mutu (14-15/6/2023) yang mengangkat tema “Mendukung Daya Saing Nasional” dan menampilkan 30 stan dari stakeholder standardisasi seperti LPK yang terakreditasi oleh KAN, penyedia peralatan dan bahan laboratorium pendukung akreditasi, serta UMK ber-SNI. Selain itu, stan Accreditation Corner, Konsultasi SNI, serta produk SNI UMK binaan BSN juga siap melayani pengunjung pameran yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan layanan di BSN dan KAN. Pengunjung ditargetkan dari kalangan Lembaga Penilaian Kesesuaian, akademisi, mahasiswa/pelajar, maupun masyarakat umum.

Untuk meramaikan acara, pameran ini menghadirkan kegiatan seperti product knowledge alat dan bahan laboratorium, perkenalan alur TKDN, serta doorprice dan hiburan.

 

Jakarta, 14 Juni 2023

Kontak Narahubung:

Analis Standardisasi Ahli Madya BSN

Lena Anggraini

Email: lena@bsn.go.id

 

Pranata Humas Ahli Madya BSN

Denny Wahyudhi

Email: denny@bsn.go.id

 

 

 




­