Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Council di Gedung Baru BSN

  • Rabu, 24 Mei 2023
  • 762 kali

 

Untuk pertama kalinya, KAN Council melaksanakan Rapat KAN Council Mei 2023 di gedung baru BSN Mampang, Jakarta pada Rabu (24/5/2023). Kepala BSN selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad, memimpin rapat KAN Council didampingi Plt. Deputi Bidang Akreditasi BSN selaku Sekjen KAN, Donny Purnomo, dan dihadiri oleh 7 anggota KAN Council yang mewakili pemangku kepentingan seperti pemerintah, industri, asosiasi, profesional, maupun akademisi.

Pada agenda utama, KAN Council membahas keputusan akreditasi untuk 28 pengajuan akreditasi dari LPK, yakni Laboratorium pengujian (7 manual, 12 melalui KANMIS), Laboratorium Kalibrasi (5), Lembaga Sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (1), Laboratorium Inspeksi (1), LSPRO (1), dan Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen (1).

Agenda lain-lain membahas beberapa hal, seperti pencabutan akreditasi, transisi standar HACCP, akreditasi awal, pemenuhan penyaksian/witness akreditasi ulang, penolakan permohonan banding, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, Kukuh juga menyampaikan bahwa BSN akan melaksanakan Festival Infrastruktur Mutu Nasional Tahun 2023 di ICE BSD, Tangerang pada 14-16 Juni 2023 mendatang. Diperkirakan FIMN ini akan dihadiri 2000 peserta dari Lembaga Penilaian Kesesuaian yang terakreditasi KAN.

“Kegiatan ini diberi nama Festival Infrastruktur Mutu Nasional, karena infrastruktur mutu pada dasarnya mencakup 3 pilar: standardisasi, akreditasi, serta metrologi. Festival ini akan menghadirkan kegiatan-kegiatan terkait dengan tiga pilar tersebut,” ungkap Kukuh.

KAN Council secara berkala melaksanakan Rapat KAN Council setiap bulan dalam rangka mengambil keputusan akreditasi LPK dan membahas agenda-agenda terkait akreditasi. (Put – Humas)

 

Galeri Foto:

Rapat KAN Council di Gedung Baru BSN