Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia – Kanada CEPA Rundingkan SPK secara Konstruktif

  • Kamis, 23 Februari 2023
  • 1255 kali

Indonesia dan Kanada telah bersepakat untuk melakukan perundingan dalam rangka mengembangkan kerja sama perdagangan bebas dalam kerangka Indonesia - Canada Comprehensive Partnership Agreement (CEPA). Badan Standardisasi Nasional (BSN) berpartisipasi pada pertemuan yang memasuki putaran keempat ini, pada tanggal 20-24 Februari 2023 dan khusus untuk bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) berlangsung sejak 20 hingga 21 Februari 2023 di Bandung, Jawa Barat.

Dalam pertemuan ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala yang didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Agama (BPJPH), sedangkan Delegasi dari Kanada dipimpin oleh Louise Burden dari Global Affairs Canada yang didampingi perwakilan dari Agriculture and Agrifood Canada.

Pada tiga putaran sebelumnya, Kanada telah menyampaikan draf proposal untuk Chapter TBT / STRACAP dan pada putaran kali ini dilakukan pendalaman keseluruhan proposal draft text secara terperinci yang mencakup isu standar, regulasi teknis, prosedur penilaian kesesuaian, transparansi, kerja sama dan unsur pendukung lainnya. Kedua pihak menyampaikan pandangan, klarifikasi dan masukan terhadap proposal tersebut berdasarkan sistem yang berlaku di negara masing-masing. Perundingan berlangsung secara konstruktif dan kedua pihak bersepakat untuk melanjutkan perundingan pada putaran berikutnya yang dijadwalkan pada pertengahan tahun 2023.

Kedua belah pihak sama-sama meyakini bahwa kerja sama perdagangan bilateral ini khususnya di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam memfasilitasi perdagangan Indonesia dan Kanada dalam meningkatkan perekonomian termasuk mendorong pengembangan UMKM Indonesia untuk semakin maju. (rzl/spspk/Ed: PjA - Humas).




­