Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan BSN Tahun 2022

  • Senin, 13 Februari 2023
  • 1318 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Lembaga oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Jumat (10/2/2023) di Kantor BPK, Jakarta.

Dalam kesempatan ini Kepala BSN menerima Surat Tugas Pemeriksaan atas Laporan Keuangan BSN yang diserahkan oleh Anggota II BPK, Daniel Lumban Tobing sebagai penanda awal pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan atas BSN.

Daniel dalam sambutannya mengatakan, BPK melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang mencakup pemeriksaan atas laporan keuangan, dan laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan.

Adapun laporan keuangan memuat opini dengan memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan penyajian dan pengungkapan dalam laporan keuangan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Lebih lanjut Daniel mengatakan, yang menjadi area fokus pemeriksaan BPK diantaranya, temuan-temuan yang berulang, perkembangan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan sebelumnya, situasi dan/atau peristiwa berindikasi kecurangan dan menilai dampaknya terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan, dan pengujian atas pendapatan, belanja barang, belanja modal, dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN).

Dalam Entry Meeting ini, Kepala BSN hadir bersama dengan Menteri Perdagangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).(tyo/red:arf)




­